Isu radikalisme rentan pengaruhi tumbuh kembang anak

id Radikalisme,anak-anak,terorisme

Isu radikalisme rentan pengaruhi tumbuh kembang anak

Arsip Foto. Kebersamaan anak-anak. (Ist).

....anak-anak masih rentan mengikuti apa saja yang dilihat, didengar dan dirasakannya, sehingga diharapkan informasi yang berbau kekerasan tidak diinformasikan kepada anak....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Asisten Deputi Perlindungan Anak Berhadapan dengan Hukum dan Stagmatisasi, Hasan mengatakan isu radikalisme dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, masalah terorisme perlu dicegah karena anak-anak lebih rentan dipengaruhi orang lain, teman dan guru.

“Perlu kerjasama seluruh pihak terkait untuk melindungi anak -anak dari radikalisme. Kami akan mendukung pemerintah daerah (Pemda) dalam membuat peraturan daerah (Perda) yang mengantisipasi paham radikalisme,” kata Hasan di acara “Sosialisasi Kebijakan Perlindungan Anak Korban Stigmatisasi dan Jaringan Terorisme di Sumatera Selatan” di Hotel Grand Zuri Palembang, Rabu.

Ia mengatakan Pemda harus membuat pemetaan sekolah atau pesantren yang sudah terpapar paham radikalisme dan diperlukan upaya antisipasi. 

“Anak-anak itu harus dilindungi dari berbagai kekerasan dan informasi yang berbau kekerasan,”tambahnya.

Ia menambahkan anak-anak masih rentan mengikuti apa saja yang dilihat, didengar dan dirasakannya, sehingga diharapkan informasi yang berbau kekerasan tidak diinformasikan kepada anak.

"Banyak faktor yang mempengaruhi terorisme diantaranya faktor ideologi,  politik,  ekonomi,  perbedaan pahaman kelompok masyarakat dan lainnya,” jelas Hasan.

Hasan mengatakan selama ini diketahui pelaku terorisme ingin mengubah ideologi negara Pancasila karena mereka menilai masih ada kemiskinan dan ketimpangan di masyarakat.