Wagub terus perjuangkan pengembangan KEK Sumsel

id Mawardi Yahya,Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya. (Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya terus memperjuangkan agar Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin secepatnya dibangun berbagai industri.

Pihaknya telah membahas pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sumsel dan minta dukungan gubernur se-Sumatera agar secepatnya dibangun, kata Wagub di Palembang, Rabu. Dia mengatakan, dibahasnya pengembangan KEK karena itu salah satu proyek strategis dalam peningkatkan perekonomian daerah.

Bukan itu saja tetapi dengan terealisasinya KEK tersebut juga dapat mendukung perekonomian Sumatera dan nasional, kata Wagub.

Dia mengatakan, hal ini karena KEK Sumsel akan dibangun berbagai industri skala besar dan kecil termasuk pelabuhan Samudera.

Oleh karena itu KEK salah satu diantaranya menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi gubernur se-Sumatera lalu, ujar dia.

Selain KEK juga dibahas harga karet dan kepala sawit yang saat ini anjlok, kata dia.

Sebelumnya Dirut PT Sriwijaya Mandiri Sumsel IGB Surya Negara mengatakan, KEK saat ini sedang penambahan pembebasan lahan.

Memang, lanjut dia, sekarang ini sudah ada lahan telah dibebaskan tetapi masih banyak juga yang belum diganti rugi.

Oleh karena itu pembebasan lahan akan dilaksanakan secara bertahap agar investor dapat menanamkan modal di kawasan tersebut, kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru saat peninjauan kawasan Tanjung Api Api lalu mengatakan, pihaknya akan mengutamakan pengoperasianl pelabuhan barang supaya lokasi tersebut semakin meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bukan itu saja tetapi dengan hidupnya pelabuhan tersebut maka investor semakin tertarik untuk mengembangkan dan menanam modal di KEK, kata dia.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar