Tiga negara ikut Babel Internasional halal

id Umkm, halal, tiga negara, Babel, Sumsel, seminar

Tiga negara ikut Babel Internasional halal

Dok. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Pangkalpinang (ANTARA News Sumsel) - Pengusaha dari tiga negara mengikuti seminar Bangka Belitung Internasional Halal 2018 untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meningkatkan kualitas dan kapasitas produk yang berdaya saing di pasar global.

"Alhamdulillah puluhan pengusaha dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia hadir dalam seminar Babel Internasional Halal ini," kata Direktur Utama Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepulauan Babel Zayadi Rosman usai membuka seminar tersebut di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan seminar ini diikuti 250 pelaku usaha mikro kecil menengah, industri kecil menengah se-Provinsi Kepulauan Babel dan sekitar 40 pengusaha dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

"Kami berharap dengan kehadiran pengusaha dari luar dan dalam negeri ini dapat membantu pelaku UMKM dalam mengemas dan memasarkan produk ke pasar internasional," ujarnya.

Menurut dia, pada intinya kegiatan untuk membantu pelaku usaha kecil menengah untuk memasarkan keluar negeri khususnya Malaysia dan Thailand.

Selain itu, melalui seminar ini akan ada kerja sama antara para pengusaha dengan pelaku UMKM di daerah ini, sehingga akan memudahkan pelaku usaha mengembangkan usahanya.

"Semua produk UMKM daerah ini enak semua, tetapi kemasannya kurang baik dan kurang menarik," ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Yan Megawandi usai membuka seminar internasional halal mengapresiasi seminar internasional halal ini, karena akan mempercepat pengembangan UMKM di daerah ini yang berdaya saing dan berkualitas.

"Kami berharap pelaku UMKM untuk mensertifikasi halal produk agar bisa menembus pasar internasional karena saat ini pasar internasional membutuhkan sertifikasi halal ini," katanya.