Praktisi hukum Palembang minta pemberantasan narkoba konsisten

id Hibzon Firdaus,Praktisi hukum,aparat penegak hukum,penyalahgunaan narkotika,stop narkoba,bnn,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel

Praktisi hukum Palembang minta pemberantasan narkoba konsisten

Stop Narkoba . (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Palembang (ANTARA News Sumsel)  - Praktisi hukum di Palembang, Sumatera Selatan, Hibzon Firdaus meminta kepada pemerintah dan aparat penegak hukum untuk konsisten memberantas penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya lainnya.

"Gebrakan pemerintah memberantas narkotika, psikotropika, zat adiktif dan obat-obatan berbahaya lainnya (narkoba) dengan menyatakan Indonesia darurat narkoba merupakan tindakan yang luar biasa dan diharapkan konsisten atau tetap dilakukan dengan baik meskipun terdapat tentangan dari pihak tertentu," kata Hibzon di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sekarang ini narkoba telah menyentuh hampir semua lapisan masyarakat, sehingga diperlukan tindakan khusus yang dapat memberikan efek jera kepada siapa pun yang terjerat dalam kasus penyalahgunaan barang terlarang itu.

Dengan tindakan khusus seperti dilakukan pemerintah melalui aparat penegak hukum yang tidak kompromi menghukum dan mengeksekusi terpidana mati kasus narkoba diharapkan dapat membuat jaringan narkoba berpikir panjang untuk memasok barang terlarang itu.
Hibzon Firdaus SH. (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah)

Tindakan hukum secara tegas yang dilakukan secara terus menerus tanpa kompromi diyakini dapat membawa bangsa dan negara ini terbebas dari narkoba, katanya.

Dia menjelaskan, narkoba sudah saatnya diberantas karena dapat menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan fisik dan mental orang yang mengkonsumsinya.

Dampak langsung bagi tubuh manusia atau pengguna narkoba seperti gangguan fungsi dan kerusakan otak, jantung, paru-paru, gangguan pada hemoprosik, traktur urinarius, tulang, pembuluh darah, endorin, kulit, sistem syaraf, gangguan pada sistem pencernaan, serta menyebabkan depresi mental.

Selain itu juga dapat berdampak terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS, hepatitis, herpes, TBC, dan banyak dampak lainnya yang merugikan badan manusia serta dapat mendorong pelakunya melakukan tindak kejahatan, kekerasan dan perusakan.

Melihat dampak negatif bagi masyarakat yang mengkonsumsi narkoba, selain menuntut konsistensi pemerintah dan jajaran aparat penegak hukumnya, juga diharapkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat "memerangi" peredaran barang haram tersebut, ujar Hibzon yang juga Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Sumsel itu.