Puluhan ribu pemuda Sumsel konsumsi narkoba

id pengguna narkoba,berita sumsel,berita palembag,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,bnn sumsel,rigjen Pol Jhon Turman Panjaitan

Puluhan ribu pemuda Sumsel konsumsi narkoba

Dokumentasi- Anggota BNN Provinsi Sumsel menyusun barang bukti narkoba jenis sabu saat rilis di kantor BNN Provinsi Sumatera Selatan, Palembang. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan berupaya menekan jumlah pengguna narkotika dan obat/bahan berbahaya akhir-akhir trennya terus mengalami peningkatan.

"Sekarang ini di Sumatera Selatan terdapat sekitar 20 ribu lebih pemuda, pelajar, dan mahasiswa menjadi korban penyalahgunaan narkoba," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, di Palembang, Selasa.

Jumlah pengguna narkoba dari kalangan pemuda tergolong cukup tinggi, sehingga diharapkan partisipasi semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menekan agar tidak semakin banyak, katanya pula.

Menurut dia, untuk menekan jumlah pengguna narkoba di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini, pihaknya gencar melakukan operasi pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Kemudian, pihaknya juga berupaya melakukan sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat umum serta kepada pelajar di sekolah-sekolah dan kampus perguruan tinggi di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini.

Dia menjelaskan, untuk menekan jumlah pengguna narkoba dan timbul korban baru, diperlukan penegakan hukum dan tindakan pencegahan secara maksimal.

Dalam penegakan hukum, pengguna narkoba yang tergolong sebagai pengedar dapat meningkatkan jumlah penggunanya itu, akan diberikan hukuman maksimal, sedangkan yang tergolong korban akan diberikan pembinaan dan direhabilitasi.

Penegakan hukum dan tindakan pencegahan akan diupayakan seimbang, sehingga diharapkan ke depan jumlah pengguna narkoba di Sumsel bisa diminimalkan dan pemuda dapat dilindungi dari pengaruh buruknya, ujar dia lagi.