Pemprov Sumsel ajak masyarakat antisipasi berita bohong

id hoax,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,pemprov sumsel,berita bohong,Prof Hj Isnawijayani

Pemprov Sumsel ajak masyarakat antisipasi berita bohong

ilustrasi anti hoax (ANTARA News/Handry Musa)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengantisipasi berita bohong terutama yang disebarkan melalui media sosial.

Pemprov terus berupaya memberantas berita bohong atau hoax itu antara lain melalui pembentukan forum kelompok informasi masyarakat, kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel Amrullah di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan, hal ini karena forum kelompok informasi masyarakat (KIM) itu akan mensosialisasikan dan menyampaikan informasi pembangunan yang ada di daerah tersebut.

Bukan itu saja tetapi forum itu sebagai transformasi media jurnalisme warga sehingga bukan saja menjadikan masyarakat yang informatif tetapi juga menyampaikan berita pembangunan, ujar dia.

Dia mengatakan, jadi berita yang disampaikan melalui pengelolaan terlebih dahulu sehingga semakin berkualitas. ?

Oleh karena itu pihaknya akan memperbanyak pembentukan forum (KIM) hingga seluruh kabupaten dan kota yang ada di provinsi tersebut.

? Dia mengatakan, sekarang ini baru sembilan forum KIM yang terbentuk sehingga itu akan dimaksimalkan hingga ke seluruh kabupaten dan kota di Sumsel.

Yang jelas, pihaknya akan mempercepat pembentukan KIM karena itu dibina pemerintah pusat, kata dia.?

Sementara Ketua forum KIM Sumsel Prof Hj Isnawijayani saat pertemuan lalu mengatakan, pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi serta membuka peluang kemitraan yang ada di masyarakat.

Apalagi KIM berperan sebagai menyebar informasi sehingga melalui media tersebut masyarakat lebih mudah mengenal permasalahan dan prestasi yang ada di daerah, ujar dia.

Menurut dia, KIM juga diperlukan karena dalam penyebaran informasi menjadi bermutu sekaligus mendidik masyarakat.