Calon anggota KPU kabupaten tes kesehatan

id kpu,Calon, Sumsel, tes kesehatan, kabupaten, kota

Calon anggota KPU kabupaten tes kesehatan

Dok.(ANTARA News Sumsel/ist/)

Palembang, (ANTARA News Sumsel) -Ratusan calon anggota  Komisi Pemilihan Umum dari 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yang sudah lolos tes psikologi pada hari Rabu besok (28/11) akan menjalani tes kesehatan.

Ketua KPU Sumatera Selatan, Kelly Mariana ketika dihubungi di Palembang, Selasa mengatakan, calon anggota KPU kabupaten dan kota di Sumsel itu akan menjalani tes kesehatan di rumah sakit Moehammad Husin Palembang.

Menurut dia, para calon anggota KPU kabupaten dan kota yang mengikuti tes kesehatan itu sebanyak 25 orang  per kabupaten/kota dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel sehingga totalnya 425 orang.

 Ia menyatakan, selanjutnya setelah mengikuti tes kesehatan para calon komisioner itu akan mengikuti tes wawancara yang bakal dilaksanakan pada 3-7 Desember 2019 mendatang.

Ia menjelaskan, setelah mengikuti tes wawancara nanti baru dipilih 10 orang dari 25 orang dari masing-masing kabupaten/kota.

Nanti, tim seleksi akan menyerahkan nama-nama 10 orang yang terpilih tersebut ke KPU RI.

Ia menyampaikan, selanjutnya diserahkan kepada KPU RI apakah nantinya akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon komisioner KPU itu sendiri atau melimpahkannya ke KPU provinsi setempat.

Ia menuturkan, kemungkinan akan dilimpahkan ke KPU provinsi untuk melakukannya, mengingat jumlah calon komisioner KPU tersebut cukup banyak.

Nanti, akan diseleksi menjadi lima besar untuk menjadi anggota KPU kabupaten/kota, katanya.