Syahrian Abimanyu dijadwalkan operasi lutut

id Abimanyu,Gelandang Sriwijaya FC,anterior cruciate ligament,ACL di bagian lutut kanan,antara sumsel,antara palembang,berita sumsel,berita palembang

Syahrian Abimanyu dijadwalkan operasi lutut

Gelandang muda Sriwijaya FC Syahrian Abimanyu mengalami cedera pada lutut kanan. (Sriwijayafc)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gelandang Sriwijaya FC yang juga punggawa Timnas U-19 menjalani operasi lutut karena cedera pada "anterior cruciate ligament" (ACL) di RS Royal Progress Jakarta, Jumat (23/11) sore.

Abimanyu yang dihubungi dari Palembang, Jumat, mengatakan setelah mengalami cedera pada sesi latihan klub di Palembang pada (6/11) lalu, dirinya memang sempat mencoba pengobatan alternatif tanpa operasi.

"Ada pemikiran seperti itu dan mendengar saran dari sejumlah pihak, apalagi ada contoh pemain Persebaya yang bisa sembuh tanpa operasi dan hanya terapi secara khusus, ujar dia.

Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, Abimanyu mengatakan operasi mutlak harus dilakukan mengingat hasil diagnosa menunjukkan putusnya ACL di bagian lutut kanan.

"Mohon doanya, operasi akan dilakukan Jumat (23/11) pukul 16.00 WIB. Pasti ada perasaan gugup karena ini baru pertama kali dan saya sendiri tidak menyangka. Namun banyak pihak yang membantu dan memberikan semangat, saya coba berpikir positif dan ini semua untuk karier saya sendiri, jika dipaksakan tanpa operasi mungkin akan lebih parah atau berulang ke depannya, kata dia.

Sementara itu, Dokter Febri yang akan memimpin operasi Abimanyu mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi lutut diajukan dua opsi.

"Pertama, dilihat dari kondisi medis dan kebutuhan akan fungsi lutut sangat tinggi bagi seorang atlet, maka tindakan operasi merupakan pilihan agar ke depan performance bisa dimaksimalkan," kata dia.

Sedangkan opsi kedua, konsenvative dengan hanya penguatan otot sekitar lutut.

"Opsi kedua ini, Abi masih bisa bermain tapi dengan resiko lutut tidak stabil sehingga akan membenani struktur ligament lain di sekitar lutut yang akan meningkatkan risiko ligament itu juga mengalami cedera dan lama-lama performance Abi akan berkurang, kata dia.

Setidaknya, selama enam bulan ke depan pemain timnas U19 ini harus absen dan fokus menjalani pemulihan cedera.