Pemprov Sumsel terima penghargaan KUR terbaik nasional

id Nasrun Umar,kur,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Kredit Usaha Rakyat

Pemprov Sumsel terima penghargaan KUR terbaik nasional

Nasrun Umar. (ANTARA/Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menerima penghargaan terbaik ketiga sacara nasional sebagai penyalur dan penjamin kredit usaha rakyat katagori tingkat provinsi.

Penghargaan pendukung Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik nasional itu diserahkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, kata Sekda Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, Sumatera Selatan selama ini amat mendukung perekonomian masyarakat melalui penjaminan bila warga ingin meminjam dana di bank melalui KUR.

Selain itu Pemprov Sumsel juga konsisten dalam memajukan Usaha Makro Kecil dan Menengah (UMKM), ujar dia.

Begitu juga masalah koperasi yang kucuran dananya melalui kredit terus didorong sehingga perekonomian masyarakat semakin berkembang.

Sehubungan dengan itu pula Sumsel menerima penghargaan terbaik di bidang penyaluran KUR dari pemerintah pusat.

Menko Perekonomian Darmin Nasutin saat memberikan penghargaan mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi tinggi kepada penerima penghargaan di bidang KUR tersebut.

Menteri juga mengharapkan kepada semua pihak untuk membuat kartu perekam kredit , kartu elektronik Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

Memang, lanjut menteri, ada 476 Pemerintah provinsi , kabupaten dan kota atau 88 persen dari total 542 pemerintah daerah yang telah memiliki user name SIKP.

Sementara jumlah data calon debitur yang sudah diunggah Pemda hanya sebanyak 129.492 calon atau 0,98 persen dari 13,28 juta calon debitur. Selebihnya 13,15 juta atau 99,02 persen calon debitur diunggah penyalur KUR, kata dia.

Sementara Ketua Tim Penilai yang juga Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, pemberian penghargaan ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan program KUR.

Untuk penilaiannya, telah berlangsung sejak Desember 2017 dan proses penilaian di antaranya pemenuhan tugas-tugas terkait program KUR.

Untuk tahap pertama ada 161 pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang ikut ambil bagian untuk dinilai, sedangkan yang lolos penilaian tahap kedua tercatat 80 instansi pemerintah.

Penerima penghargaan untuk pemerintah provinsi pendukung KUR terbaik peringkat 1 diraih Daerah Istimewa Yogyakarta, kedua Jawa Timur dan ketiga Sumsel.