Sumsel juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2018

id Anugerah Pesona Indonesia,sumsel,dinas pariwisata

Sumsel juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2018

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga menerima penghargaan Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 dari Kementerian Parwisata di Jakarta, Kamis (22/11) (ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan berhasil menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 dengan raihan menakjubkan.

Sumsel mendapatkan penghargaan di 7 nominasi yakni; Juara 1 Wisata Halal Terpopuler (Al-Quran Al Akbar Palembang), Juara 1 Kampung Adat Terpopuler (Kampung AlMunawar Palembang), Juara 1 Wisata Unik Terpopuler (Pelancu Lahat), Juara 2 Dataran Tinggi Terpopuler (Gunung Dempo Pagaralam), Juara 2 Objek WIsata Unik Terpopuler (Taman Nasional Sembilang Banyuasin), Juara 2 Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler (Mountain Bike Bukit Sulap Lubuklinggau), dan Juara 2 Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Pesona Sriwijaya).

Penghargaan langsung diserahkan Kementerian Pariwisata dan diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Jakarta, Kamis Malam (22/11).

"Ini adalah piala untuk  masyarakat, berkat kerjasama semua pihak menyokong majunya destinasi wisata di Sumsel, terutama kawan-kawan komunitas, pegiat media sosial yang sukarela mempromosikan wisata di Sumsel," kata Irene Camelyn SInaga saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat.

Menurutnya untuk meraih juara umum tersebut pihaknya sudah menyusun strtaegi sejak Maret 2018, dengan mengumpulkan para pegiat komunitas dan wisata, mengadakan berbagai acara-acara menarik di destinasi wisata andalan seperti Gunung Dempo, Pelancu, Kampung Almunawar serta lainya.

Dia menerangkan destinasi-destinasi tersebut terus dipromosikan lewat media sosial untuk menggalang dukungan masyarakat, karena metode penilaian dilihat dari kepopulerannya di media sosial dan google.

Capaian juara umum tahun ini jauh lebih baik ungkap Irene, sebelumnya Sumsel hanya mendapat dua penghargaan yakni Hidangan Tradisional Terpopuler Pempek (2016) serta Minuman Tradisional Terpopuler Es Kacang Merah (2017).

"Tapi kami tidak segera berpuas diri, sebab capaian ini belum sempurna, masih banyak potensi wisata di Sumsel harus terus dipromosikan, masyarakat baik pelaku wisata maupun pemuda pegiat komunitaslah yang begitu fokus mempromosikan beragam destinasi wisata, kami hanya mendukung dari segi atraksi, karena pada dasarnya capaian ini adalah hasil kerja bareng," tambah Irene.