Trainset LRT Palembang dijadwalkan tiba akhir November

id lrt,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,PT Kereta Api Indonesia,light rail transit,lrt palembang,lrt sumsel

Trainset LRT Palembang dijadwalkan tiba akhir November

Pengguna LRT menscan tiket Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di stasiun LRT Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Satu unit trainset "light rail transit (LRT) Palembang yang terakhir dijadwalkan tiba pada akhir November 2018.

Manajer Humas dan Protokol PT Industri Kereta Api (Inka) Exiandri BP di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, mengatakan, trainset ke-8 LRT Palembang ini akan dibawa dengan kapal dari Madiun, Jawa Timur, ke Palembang, dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Boom Baru pada akhir November.

"Minggu (18/11) sudah dikirim satu trainset ke Palembang dari Madiun, yang merupakan trainset terakhir, kata dia.

Satu trainset yang terdiri dari 3 gerbong ini setelah tiba di pelabuhan akan langsung dibawa ke Depo LRT di Jakabaring untuk proses pengecekan akhir. Selanjutnya, kereta akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Terakhir saya dapat informasi keretanya sudah tiba di Pelabuhan Merak dan akan dikirim lewat jalur laut. Diupayakan awal Desember sudah di Depo dan langsung kami cek lagi sebelum nanti beroperasi," kata dia.

Ia mengatakan pengecekan akan difokuskan pada uji dinamis sehingga unit terakhir ini dipastikan layak beroperasi. Terkait berapa kereta yang dipakai, menurutnya tergantung PT KAI sebagai otoritas yang mengoperasionalkan LRT. "Tapi biasanya ada kereta cadangan dan tidak semua dipakai," kata Exiandri.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suyani mengatakan setiba di Palembang kereta segera dioperasikan. Namun sebelumnya, KAI dan Inka akan memastikan lebih dulu kelayakan kereta.

"Sampai nanti tidak langsung beroperasi, masih proses sertifikasi dan pengecekan perelengkapan terakhir. Setelah semua selesai baru keretanya dioperasionalkan," kata Aida.

Hingga saat ini sudah ada 7 trainset kereta beroperasi sejak Juli 2018.

Selain fasilitas kereta, pengerjaan proyek stasiun dan jalur LRT juga ditargetkan selesai di akhir tahun ini. Selanjutnya kereta akan beroperasi penuh pada awal 2019 dengan 8 trainset atau total 24 gerbong kereta.