Dinkes OKU optimis capai target imunisasi MR

id imunisasi MR,dinas kesehatan oku,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,encapaian pemberian imunisasi MR

Dinkes OKU optimis capai target imunisasi MR

Seorang siswa Sekolah Dasar di Muara Rupit menangis saat Petugas imunisasi campak dan rubella. (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Erwin/18)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu(OKU), Sumatera Selatan optimis mencapai target pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) diberikan kepada anak di wilayah setempat dengan jumlah yang ditargetkan pada 2018 yaitu sebanyak 95.823 orang.

"Target tersebut diyakini dapat tercapai sebelum akhir Desember 2018," kata Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Lingkungan (P2PL) Dinkes OKU, Andi Prapto, di Baturaja, Kamis.

Sebab, menurut dia, merujuk pada Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinkes OKU terkait pemberian imunisasi MR hingga saat ini telah mencapai 91.810 anak di wilayah itu yang sudah divaksinasi.

"Hingga saat ini pencapaian pemberian imunisasi MR sudah sekitar 95,8 persen dari target," katanya.

Dia mengemukakan, pemberian imunisasi MR tersebut akan diperpanjang untuk dilanjutkan hingga mencapai target agar anak di Kabupaten OKU terbebas dari penyakit campak dan rubela.

"Jangka waktu pemberian imunisasi MR ini kami perpanjang sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai Surat Edaran Kemenkes RI tentang strategi kampanye imunisasi MR fase II diperpanjang hingga 31 Desember 2018 agar seluruh anak di Indonesia mendapat vaksin tersebut.

"Untuk itu kami mengimbau kepada orang tua agar segera membawa anaknya ke Puskesmas terdekat untuk diimunisasi MR secara gratis," kata Andi.

Menurut dia, pemberian imunisasi ini juga dapat dilakukan di Posyandu dan setiap pos pelayanan vaksinasi yang sudah ditunjuk oleh Dinkes OKU.

"Kami juga mendatangi pihak sekolah sebagai upaya menjemput bola agar pelajar mendapat imunisasi MR," ujar Andi.