Pemprov Sumsel ajak masyarakat tingkatkan konsumsi ikan

id makan ikan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,pemenuhan gizi,Dinas Kelautan,PKK Sumsel

Pemprov Sumsel ajak masyarakat tingkatkan konsumsi ikan

Arsip- Masakan ikan patin (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak masyarakat meningkatkan mengonsumsi ikan melalui lomba memasak serba ikan karena itu dapat menambah gizi.

Lomba masak berbahan ikan yang dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan tim PKK Sumsel itu sebagai upaya mengajak masyarakat gemar makan ikan, kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia Herman Deru di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan, lomba tersebut diharapkan nantinya dapat meningkatkan angka konsumsi ikan karena aneka ragam dan rasa menu dibuat supaya semakin menarik untuk disantap.

Selain itu, untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan sehari - hari keluarga, ujar dia.

Menurut dia, kegiatan memasak menu bahan ikan tersebut diharapkan berjalan sukses karena manfaatnya cukup besar bagi kehidupan masyarakat.

Hal ini karena lomba masak serba ikan tersebut berarti menganekaragamkan jenis masakan dan meningkatkan keterampilan para penyedia menu masakan dan menu sayuran sampai ke masyarakat luas, ujar dia.

Namun, lanjut dia, yang penting lagi meningkatkan pemenuhan gizi untuk ibu hamil dan menyusui, balita dan anak-anak di masa pertumbuhan.

Dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam kegiatan "Gemarikan" itu akan terjadi peningkatan konsumsi ikan demi kualitas Sumber daya manusia di Sumsel menuju masyarakat sehat, kuat dan cerdas, ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Widada Sukrisna mengatakan, lomba masak serba ikan yang bertemakan Ragam Menu Masakan Ikan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat merupakan kegiatan perlombaan kecakapan memasak ikan tingkat provinsi.

Jenis hidangan yang dilombakan berupa hidangan ikan menu rumah tangga, makanan balita dan kudapan, kata dia.

Yang jelas kegiatan tersebut bagian promosi untuk meningkatkan gemar makan ikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kata dia menambahkan.