Disnakan sebar 35.000 bibit ikan di sungai

id bibit ikan,sungai ogan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Disnakan sebar 35.000 bibit ikan di sungai

Bibit ikan jenis nila. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menebar sebanyak 35.000 ekor bibit ikan di Sungai Ogan agar berkembang biak di perairan wilayah setempat.

Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu, Tri Aprianingsih di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa penebaran bibit ikan tersebut dipusatkan di Sungai Ogan wilayah Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka melestarikan populasi ikan di Sungai Ogan sekaligus memperingati Hari Ikan Nasional ke-5 tahun 2018 yang dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Ogan Komering Ulu, Johan Anuar serta sejumlah unsur Muspida di pemerintahan daerah setempat.

"Total bibit ikan yang disebar sebanyak 35.000 ekor," katanya.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ogan Komering Ulu, Tri Aprianingsih bersama sejumlah unsur Muspida Pemkab OKU menebar puluhan ribu bibit ikan di Sungai Ogan (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Bibit ikan yang disebar ini merupakan ikan khas asli Kabupaten Ogan Komering Ulu seperti ikan jelawat sebanyak 17.200 ekor dan ikan baung 17.800 ekor.

"Bibit ini didatangkan dari balai pembibitan ikan di daerah Lampung. Untuk ikan jelawat berasal dari dana APBD Ogan Komering Ulu tahun 2018, sedangkan untuk baung merupakan bantuan dari beberapa perusahaan BUMN dan BUMD wilayah setempat," ungkapnya.

Untuk bibit ikan jelawat kata dia, sengaja ditebar karena jenis ikan khas asli Ogan ini keberadaannya mulai langka ditemukan di Sungai Ogan.

"Disamping memang kandungan gizi ikan jelawat sangat bagus serta rasanya memang nikmat untuk dikonsumsi," kata dia.

Selain di Desa Pusar lanjutnya, ribuan bibit ikan ini juga akan disebar di aliran sungai di beberapa kecamatan lainnya termasuk Perairan Umum Daratan (PUD) yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Sementara itu, Wakil Bupati Ogan Komering Ulu, Johan Anuar dalam kata sambutannya mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjaga kelestarian Sungai Ogan.

"Karena gizi ikan sangat tinggi dan bagus untuk masa pertumbuhan," ujarnya.