Gol-gol telat amankan tiket Belanda ke putaran final Nations League

id Jerman,Belanda,Nations League

Gol-gol telat amankan tiket Belanda ke putaran final Nations League

Kapten Belanda Virgil van Dijk dipeluk Quincy Promes saat merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Nations League melawan Jerman pada Senin (19/11/2018). (twitter.com/UEFAEURO)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Belanda mencetak dua gol telat dalam lima menit terakhir untuk bangkit dari tertinggal dua gol dan bermain imbang 2-2 dengan Jerman yang sudah terdegradasi dalam pertandingan Nations League di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman pada Selasa dini hari WIB, untuk mengamankan tiket ke putaran final tahun depan dengan menyingkirkan juara dunia Prancis.

Seperti dilaporkan laman resmi UEFA, sepakan voli jarak dekat Virgil van Dijk pada fase akhir pertandingan menyamakan kedudukan bagi tim tamu, setelah Quincy Promes memperkecil ketinggalan pada menit ke-85, di mana Jerman telah unggul dua gol melalui Timo Werner dan Leroy Sane.

Swiss, Inggris, dan tuan rumah Portugal telah lolos ke putaran final yang akan diikuti empat tim pada Juni.

Belanda memuncaki klasemen Liga A Grup 1 meski menyelesaikan perjalanannya dengan koleksi tujuh poin yang sama dengan Prancis, namun tim Oranje memiliki catatan head-to-head yang lebih baik.

Jerman, yang tersingkir di fase grup pada Piala Dunia pada Juni dan ini merupakan kekalahan keenam Muenchen dalam enam tahun ini, finis di posisi terakhir dengan hanya mengoleksi dua poin.

Namun lini depan muda mereka yang bergerak cepat, dijuluki The Moped Gang, terlihat menjanjikan dan menghidupkan permainan ketika Werner (22) dan Sane, ditambah Serge Gnabry (23), meneror pertahanan Belanda dengan kecepatan mereka, khususnya pada babak pertama.

Mereka telah memperlihatkan potensinya saat menang 3-0 atas Rusia dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Kamis, ketika pelatih Joachim Loew melakukan sejumlah perubahan setelah Jerman tersingkir di Piala Dunia dan terdegradasi di Nations League.

Jerman membuka keunggulan pada menit kesembilan, ketika Werner mengendalikan operan dengan kepalanya dan kemudian melepaskan tembakan dari jarak 20 meter setelah bola turun dari luar kotak penalti.

Sane menyelesaikan pergerakan yang hampir serupa pada menit ke-20, ketika bergerak mengejar operan Toni Kroos dan melesakkan gol kedua di malam itu dengan tembakan yang terdefleksi dari tepi kotak penalti.

Gnabry hampir mengemas gol ketiga dengan sundulan kepala pada menit ke-40, dan Werner mampu mengungguli pengawalnya namun tembakannya melebar pada menit ke-60, ketika Belanda masih kesulitan menembus pertahanan lawannya dan tetap ompong di lini depan sampai Promes memperkecil ketertinggalan.

Mereka kemudian menyamakan kedudukan melalui Van Dijk untuk mengamankan tempat di putaran final kompetisi di Portugal.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:
Jerman (3-4-3): Neuer, Suele, Hummels, Ruediger, Kehrer, Kimmich, Kroos, Schulz, Gnabry (Mueller 66'), Werner (Reus 63'), Sane (Goretzka 80')

Belanda (4-3-3): Cillesen, Tete, De Ligt, Van Dijk, Blind, De Roon, Wijnaldum (Vihena 60'), De Jong, Promes, Depay, Babel (Dilrosun 45' (Luuk de Jong 66'))