Pemkab Musi Banyuasin siapkan "TRC" antisipasi banjir

id banjir,Apriyadi,Sekda Musi Banyuasin,muba,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Pemkab Musi Banyuasin siapkan "TRC" antisipasi banjir

Dokumentasi- Warga beraktivitas di kawasan permukiman yang terendam banjir. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/18.

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyiapkan tim reaksi cepat untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor pada musim hujan 2018 ini.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin diminta menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang sewaktu-waktu siap ditugaskan membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak negatif musim hujan itu," kata Sekda Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi, di Sekayu, Senin.

Menurut dia, tim reaksi cepat tersebut sewaktu-waktu diturun ke lokasi bencana banjir dan tanah longsor serta melakukan peyelamatan dan evakuasi masyarakat yang mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Dengan hadirnya TRC di tengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami bencana, diharapkan dapat meringankan beban penderitaan masyarakat serta mencegah timbulnya korban jiwa akibat terlambat dievakuasi, katanya

Dia menjelaskan, pada November 2018 ini intensitas curah hujan diserta angin kencang di Bumi Serasan Sekate ini dan Sumsel secara umum diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cukup tinggi .

Tinginya intensitas curah hujan diserta angin kencang perlu diwaspadai masyarakat kabupaten yang tergolong rawan bencana dampak negatif musim hujan itu.

Masyarakat yang berada di daerah rawan banjir seperti Kecamatan Babat Supat, Tungkal Jaya, Sungai Lilin, dan Kecamatan Batang Hari Leko diimbau agar siaga banjir, mengingat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, ujarnya.

Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir menyebabkan air di sejumlah sungai mulai naik, melihat kondisi tersebut pihaknya mengimbau masyarakat di daerah rawan banjir agar meningkatkan kesiagaan terhadap bencana tersebut.

Menghadapi situasi tersebut, diminta tim BPBD terus mengawasi secara intensif kenaikan permukaan air di beberapa pintu air sehingga bisa diketahui perkembangannya sebagai acuan untuk menentukan? langkah-langkah penanggulangannya, kata Sekda.