Perpani Sumsel targetkan panahan masuk Porprov

id panahan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Dhani Indra,Pekan Olahraga Provinsi XII

Perpani Sumsel targetkan panahan masuk Porprov

Pertandingan panahan. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menargetkan cabang olahraga ini tetap dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi XII di Prabumulih tahun 2019.

Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dhani Indra di Palembang, Senin, mengatakan, dengan kepengurusan berjumlah sembilan kabupaten/kota maka sudah sepatutnya olahraga panahan tetap dipertandingkan.

Syaratnya ada di enam kabupaten/kota, dan panahan sudah ada di sembilan kabupaten/kota saat Porprov sebelumnya. Tentunya kami berharap panahan tetap dipertandingkan, tinggal lagi bagaimana kabupaten/kota, apakah mau memanfaatkan momen ini, kata dia.

Sejauh ini cabang olahraga panahan sudah memiliki kepengurusan di 17 kabupaten/kota di Sumsel, atau di seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

Kepengurusan itu di antaranya yang aktif berada di Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Prabumulih, Pagaralam, dan Muaraenim.

Setiap tahun, Pengprov Perpani Sumsel aktif mengirimkan atlet ke Kejurnas dan penataran pelatih tingkat nasional.

Ajang Porprov sangat penting bagi atlet daerah, karena tidak semua atlet bisa mengikuti Kejurnas, bisa saja tidak lolos seleksi. Ini penting untuk tolak ukur pembinaan atlet di daerah, kata dia.

Sebagai Ketua Umum Perpani Sumsel yang baru saja terpilih, ia akan fokus menyusun dan menjalankan program untuk pembinaan atlet daerah.

Cabang olahraga panahan ini mulai berkembang di Sumsel saat daerah dalam masa persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XVI tahun 2014.

Menurutnya, perkembangan olahraga panahan di Sumsel cukup pesat, terutama di Kota Palembang seiring dengan menanjaknya popularitas olahraga ini. Sejumlah klub bermunculan dalam setahun terakhir.

Olahraga panahan ini akan terus dimassalkan karena ada upaya dari pemerintah untuk memasukkannya dalam konsep sport tourism, ujar dia.