Manfaat kebahagiaan bagi tumbuh kembang anak

id kebahagiaan,tumbuh kembang,anak

Manfaat kebahagiaan bagi tumbuh kembang anak

Arsip Foto. Antusias anak-anak bermain di pusat permainan bersama orang tua. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

....kebahagiaan masa kanak-kanak telah diakui sebagai sumber faktor paling berpengaruh terhadap kebahagiaan saat dewasa....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kebahagiaan saat masa kanak-kanak memiliki pengaruh positif terhadap tumbuh kembang kognitif (proses belajar), nilai diri (self-esteem), social skill serta karakter anak saat dewasa begitu juga dengan tumbuh kembang aspek sosial-emosional.

“Anak yang bahagia sejak kecil memiliki peluang lebih besar untuk menjadi individu yang memiliki emosi positif dan memiliki kepuasan hidup yang tinggi di masa dewasa kelak,” kata Psikolog Elizabeth Santosa di Palembang, Senin.

Ia mengatakan kebahagiaan masa kanak-kanak telah diakui sebagai sumber faktor paling berpengaruh terhadap kebahagiaan saat dewasa jika dibandingkan dengan sumber kebahagiaan lain seperti keberhasilan akademik, jabatan pekerjaan ataupun kekayaan.

“Penelitian yang dilakukan Holder & Coleman pada tahun 2007 menunjukkan bahwa kebahagiaan anak sebagian dipengaruhi oleh interaksi sosial positif yang meibatkan anggota keluarga. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menghabiskan waktu bersama anak,” jelasnya.

Elizabeth mengatakan tips agar lebih terlibat dalam kegiatan anak diantaranya dengan membuat anak merasa dirinya paling penting dan melakukan eye to eye contact saat bersama anak.

“Lalu usahakan tidak ada distraksi atau gangguan saat melakukan aktivitas bersama anak dan fokus pada waktu bersama anak,” tambahnya.

Elizabeth turut memberikan kiat untuk membantu orang tua dalam membesarkan anak agar tumbuh bahagia diantaranya memberikan makanan tepat waktu dan bergizi, mendukung kompetensi anak dan cukupi waktu tidur anak.

“Memberikan cinta tanpa syarat apapun kepada anak dan menjadi orang tua yang bahagia sehingga bisa menularkan kebahagiaannya kepada anak dan pasangan,” tutup Elizabeth.