Gubernur Sumsel fokus sukseskan transformasi ekonomi

id Herman Deru,transformasi ekonomi sumsel,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,gubernur sumsel

Gubernur Sumsel fokus sukseskan transformasi ekonomi

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. (Dok.Humasprovsumsel) (Dok.Humasprovsumsel/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru fokus menyukseskan agenda transformasi nasional yakni menjadikan pertumbuhan ekonomi kuat, inklusif, berkualitas dan berkelanjutan.

"Kami patut bersyukur karena pertumbuhan ekonomi terus meningkat, yang berdampak pada perluasan lapangan kerja,? kata Herman Deru.

Menurut Deru, untuk mencapai sasaran pembangunan jangka pendek dan jangka menengah, kebutuhan belanja daerah tentu bertambah besar.

Komposisi anggaran belanja daerah hingga saat ini masih didominasl oleh belanja wajib seperti belanja pegawal, belanja barang dan jasa, serta berbagal jenis belanja hibah yang antara Iain untuk Bantuan Operasional Sekolah dan Program Sekolah Gratis, transfer dana untuk bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, serta pembayaran Hutang Bagi Hasil Pajak kepada Kabupaten/Kota Tahun 2017 dan 2018.

Untuk itu, ia minta kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, agar mengelola APBD secara lebih efisien, efektif. transparan, dan akuntabel.

"Dari sisi penerimaan kita harus mampu meningkatkan, menggali, dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan asli daerah agar kapasitas fiskal kita meningkat," kata dia.

Rancangan APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2019 mengalami kenaikan sejumlah Rp.476.013.443.963,99 atau 5,15 persen dari APBD Perubahan tahun anggaran 2018 yang telah ditetapkan sebesar Rp.9.237.459.800.518,26.

Berdasarkan?Nota Kesepakatan KUA/PPAS yag telah ditandatangani bersama oleh Gubernur dengan Pimpinan DPRD Provinsi Sumatra Selatan pada tanggal 14 November 2018, maka Rancangan APBD Provinsi Sumatra Selatan Tahun Anggaran 2019 ditetapkan sebesar Rp9,713 Triliun. Besaran anggaran ini mengalami peningkatan 5,15 persen dari APBD Tahun Anggaran 2018.