Menhub jadikan Banyuasin percontohan angkutan sungai

id angkuta sungai,menhub,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,budi karya,angkutan sungai

Menhub jadikan Banyuasin percontohan angkutan sungai

Sejumlah pengguna angkutan sungai saat akan bersandar didermaga air bawah jembatan Ampera Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menjadikan Kabupaten Banyuasin sebagai salah satu role model atau percontohan angkutan sungai.

Hal ini karena kabupaten pengembangan Musi Banyuasin itu banyak terdapat sungai," kata menteri di Banyuasin, Sabtu.

Oleh karena itu Kementerian Perhubungan akan menjadikan kabupaten tersebut sebagai percontohan salah satu daerah yang berproduktif melalui angkutan sungai, mlai dari pelabuhannya, kapalnya dan juga hasil-hasilnya.

Dia mengatakan, apalagi kabupaten tersebut potensinya angkutan sungai sehingga menjadi satu contoh model angkutan perairan di Indonesia.

"Jadi bagaimana pelabuhannya, bagaimana kapalnya, jenisnya supaya itu produktif. Banyuasin menunjukan produktifitasnya bahwa bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan sehari-hari. Nanti kegiatan ekonomi juga ada disana," ujarnya.

Menteri mengatakan, terkait Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api- Api (KEK TAA) memang pernah meminta Gubernur Sumsel untuk ditinjau karena dia ingin Banyuasin ini tambah maju dengan kehadiran pelabuhan dan KEK.

Sementara Gubernur Sumsel Herman Deru menambahkan, terimakasih atas perhatian Menteri Perhubungan yang telah banyak memberikan sumbangsih untuk Provinsi Sumsel, seperti pembangunan pelabuhan barang, pelabuhan penyeberangan.

Gubernur mengatakan, kedepan pelabuhan yang sudah dibangun Kementerian Perhubungan di Tanjung Api-Api akan segera dioperasikan.

"Terimkasih Pak Menteri, dari kementerian itu sudah ada tahap penyelesaian Pelabuhan di Makarti, pembangunan pelabuhan penyeberangan di Telang dan beberapa jembatanya juga dibantu oleh Pemprov Sumsel," katanya.

Sementara mengenai tranportasi air, lanjut gubernur, di Kabupaten Banyuasin sudah pasti harus memperbanyak dermaga. Mengingat sebagian daerah Banyuasin adalah di perairan.

Untuk lalulintas air itu pastinya dermaga harus diperbanyak agar masyarakat tidak harus ke Palembang mengantarkan hasil bumi dan kegiatan lainnya, ujar dia.

Bisa dari dermaga-dermaga ada di Banyuasin dan tersambung dengan kawasan industri yang memang sudah dalam tahapan amdal saat ini seperti di Kecamatan Sungsang, tambah dia.