Pemkab OKU targetkan APBD Rp1,4 triliun

id apbd, pendapatan oku, anggaran apbd, oku, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara hari ini, antara,dprd oku

Pemkab OKU targetkan APBD Rp1,4 triliun

Dokumentasi- Rapat di DPRD . (ANTARA News Sumsel/Humas DPRD Sumsel)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menargetkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 mencapai Rp1,4 triliun.

Ketua DPRD Ogan Komering Ulu, Zaplin Ipani di Baturaja, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan APBD kabupaten setempat pada 2019 mencapai Rp1,4 triliun atau naik sebesar Rp70 miliar dari tahun sebelumnya hanya sekitar Rp1,3 triliun.

"Estimasi kenaikannya sekitar Rp70 milIar lebih dari APBD 2018. Namun, kenaikan APBD tersebut tidak menambah pembangunan fisik untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu," katanya.

Sebab kata dia, anggaran yang digelontorkan pemerintah daerah setempat hanya sebesar Rp200 miliar untuk pembangunan proyek fisik.

"Berbeda dengan tahun ini pemerintah daerah mengeluarkan anggaran hingga Rp300 miliar untuk proyek fisik," ungkapnya.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena belum keluarnya Peraturan Presiden RI untuk berapa besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Khusus (DAU) sehingga pihaknya belum bisa menentukan plafon anggaran.

Dengan berkurangnya anggaran untuk pengerjaan proyek fisik tersebut, lanjut dia, otomatis pembangunan hanya dilakukan pada proyek prioritas yang bersifat urgent saja.

Namun dia menambahkan, seluruh proyek bisa saja dilaksanakan jika Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu bisa menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor.

"Banyak sektor yang bisa ditingkatkan, seperti dari pajak, retribusi bahkan objek pariwisata," ujar dia.