Bulog pastikan stok beras di Sumsel cukup untuk tujuh bulan

id beras,bulog,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,berita antara,Badan Urusan Logistik,m

Bulog pastikan stok beras di Sumsel cukup untuk tujuh bulan

Pekerja mengangkut karung bera. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan stok beras di Sumatera Selatan (Sumsel) akan mencukupi dalam tujuh bulan ke depan.

Kepala Perum Bulog Sumsel Muhammad Yusuf Salahudin di Palembang, Sabtu, mengatakan kendati saat ini memasuki musim hujan yang menyebabkan banjir di berbagai daerah, namun kebutuhan beras dipastikan tetap terjaga.

"Sementara ini tidak terlalu mengganggu, kami memiliki stok beras hingga tujuh bulan bahkan hingga sembilan bulan ke depan. Jumlah itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Sumsel," kata dia.

Ia menjelaskan stok beras tetap terjaga karena sejumlah daerah pemasok beras seperti Banyuasin, Oku Timur, dan lain-lain tak terkena dampak banjir hebat seperti di Kota Palembang pada akhir pekan lalu.

"Daerah lumbung pangan tidak terkena banjir, jadi tidak begitu berpengaruh terhadap pasokan beras," kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini untuk pasokan beras, Bulog Sumsel mengandalkan pasokan beras dari daerah lumbung pangan seperti Oku Timur dan Banyuasin.

"Intinya stok aman saat ini, kemungkinan pada Januari nanti akan masuk masa panen," ujar dia.

Selain menjaga stok, Bulog juga aktif dalam menjaga harga di masyarakat tetap terjangkau. Jika terjadi kenaikan di luar batas kewajaran, maka Bulog siap melakukan Operasi Pasar (OP) di titik keramaian dan pasar di sejumlah wilayah Sumsel.