Gubernur instruksikan Bupati siaga hadapi cuaca tak menentu

id Herman Deru,Gubernur Sumatera Selatan,banjir,longsor,BNPB,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. (Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan,  Herman Deru mengintruksikan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk selalu siaga karena kondisi cuaca sekarang ini tidak menentu.

"Cuaca seperti hujan harus diwaspadai karena itu bisa saja berdampak banjir dan longsor," katanya, di Palembang, Jumat.

Lebih lanjut, dia mengatakan, jadi kepala daerah harus selalu siaga untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu sekarang ini.

Dia mengatakan, bencana alam menjadi perhatian utama sekarang ini mengingat beberapa hari lalu sejumlah titik - titik di kota Palembang tergenang banjir.

"Kemarin saya sudah tanda tangani untuk BNPB agar seluruh helikopter yang ada Provinsi Sumsel tetap siaga. Ekstrem sekali, curah hujan yang sangat tinggi,"kata Gubernur.

Lebih lanjut, dia mengatakan, oleh karena itu pihaknya memerintahkan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk selalu siaga memasuki musim penghujan sekarang ini.

"Pemprov Sumsel atau sebagai Gubernur mengajak semua Bupati dan Wali Kota agar terus memantau, bahkan untuk tidak banyak meninggalkan daerah di waktu cuaca seperti ini, apalagi menjelang tutup tahun, kata Gubernur.

Menurut dia, begitu juga instansi terkait harus menyiagakan hal yang dibutuhkan seperti alat berat dan perahu karet.

"Bila terjadi bencana alam yang tidak diinginkan maka secepatnya dapat ditanggulangi," ujar gubernur.

Begitu juga kebutuhan bahan makanan seperti beras harus selalu tersedia karena bila sesewaktu dibutuhkan secepatnya dapat disalurkan.

Dia mengatakan, tetapi yang terpenting lagi kesiagaan harus diutamakan menghadapi cuaca sekarang ini.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar