Pemprov Sumsel percepat pembentukan kelompok informasi rakyat

id kelompok informasi rakyat,Pemprov Sumsel,Amrullah,Kelompok Informasi Masyarakat,program pemerintah,berita sumsel,berita palembang

Kominfo. (kominfo.go.id)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mendorong percepatan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat agar semua kabupaten dan kota di daerah ini terbentuk forum tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel Amrullah, di Palembang, Jumat, mengatakan keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) cukup penting karena organisasi ini dapat mendukung program pemerintah.

Dengan adanya kelompok informasi masyarakat,?maka keluhan dan program yang ada di masyarakat akan sampai, ujar dia.

Menurutnya lagi, bukan itu saja, dengan adanya KIM dapat mendukung transformasi jurnalisme warga atau citizen journalism di kalangan masyarakat daerah ini.

"Jadi, dengan adanya KIM bukan hanya menjadikan masyarakat yang informatif, tetapi menjadi media warga yang dapat memproduksi informasi," kata dia pula.

Memang peran kelempok informasi masyarakat itu memiliki berbagai fungsi karena forum itu dapat menggunakan media tradisional dalam menyampaikan informasi seperti melalui kesenian Dulmuluk.

Oleh karena itu pihaknya mendorong agar semua daerah memiliki kelompok informasi masyarakat, ujar dia pula.

Dia menyebutkan, sekarang ini baru ada 9 forum KIM yang terbentuk dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel, namun dia tidak menyebutkan daerahnya.

Sedangkan 8 kabupaten dan kota lainnya akan dilakukan percepatan pembentukannya, karena KIM saat ini sudah menjadi program nasional, ujar dia.

Apalagi KIM secara nasional juga akan dibina oleh Dirjen IKP, kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Sumsel itu pula.

Pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk percepatan pembentukan KIM tersebut.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar