Personel Polresta Palembang siaga bencana musim hujan

id Polresta Palembang,siaga bencana,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Apel Gabungan Kesiapan Siaga Bencana Alam

Personel Polresta Palembang siaga bencana musim hujan

Dokumentasi- banjir (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Ratusan personel Polresta Palembang, Sumatera Selatan siaga bencana menghadapi kemungkinan terjadinya banjir dan bencana lainnya pada musim hujan sekarang ini.

Siaga bencana tersebut ditandai dengan digelarnya Apel Gabungan Kesiapan Siaga Bencana Alam ratusan personel Polresta, TNI, Dishub, Pol PP, dan Basarnas, di halaman Mapolresta Palembang, Kamis.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono didampingi Komandan Kodim Palembang Letkol Inf Honi Havana seusai apel mengatakan sekarang sudah masuk musim hujan sehingga perlu dilakukan tindakan antisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Hujan deras yang terjadi pada Selasa (13/11) mengakibatkan terjadi banjir di beberapa kawasan permukiman penduduk dan tergenangnya beberapa ruas jalan protokol yang menyebabkan kemacetan.

Dalam kondisi tersebut, personel Polresta Palembang diturunkan ke jalan mengatur lalu lintas, serta turun ke kawasan permukiman penduduk untuk membantu masyarakat dan mengamankan harta benda mereka dari aksi pencurian.

Dengan dilakukannya siaga khusus bencana musim hujan tersebut, diharapkan personel Polresta lebih siap mengantisipasi bencana dengan didukung peralatan yang memadai termasuk perahu karet, kata Kombes Wahyu.

Sebelumnya Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Palembang Berty DJ Kowaas mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana menghadapi musim hujan 2018.

Menghadapi musim hujan November 2018 ini hingga beberapa bulan ke depan pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor serta bencana lainnya.

Menurut dia, dalam kondisi musim hujan, seperti tahun-tahun sebelumnya berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, kecelakaan angkutan darat, laut, dan udara.

Sesuai ketentuan, Basarnas ditugaskan membantu dan melakukan evakuasi korban bencana baik yang masih hidup maupun yang meninggal dunia.

Untuk menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana dampak negatif musim hujan sekarang ini, Basarnas Palembang menyiagakan personel dan peralatan yang sewaktu-waktu bisa diturunkan di lokasi bencana.