Indonesia peringkat kedua wisatawan ke Malaysia

id travel,wisatawan,malaysia

Direktur Tourism Malaysia Medan Azhari Haron (kemeja abu-abu) saat melihat salah satu agen perjalanan Malaysia yang siap menawarkan paket menarik pada Carmeta Malaysia Expo & Travel Fair 2018 di Palembang, Kamis (15/11) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Direktur Tourism Malaysia Medan Azhari Haron mengaku sebanyak 2.79 juta turis asal Indonesia  berkunjung ke Malaysia pada 2017 dengan total pendapatan sebesar 8.5 miliar RM (Rp 13 Triliun/kurs RM 3.800), menempatkan Indonesia berada nomor 2 wisatawan terbanyak ke Malaysia dari total 25,7 juta wisatawan dunia. 

"Sementara hingga periode Januari - Agustus 2018, wisatawan Indonesia sudah mencapai 2,18 juta orang atau meningkat 16.9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, diperkirakan ada peningkatan signifikan pada akhir tahun," kata Azhari.

Tahun ini pihaknya menargetkan kunjungan wisata dari Indonesia naik 10 persen, apalagi ada paket-paket yang ditawarkan pihak agen travel seperti pada Carmeta Malaysia Expo & Travel Fair 2018 pada 16 - 18 November 2018 di Palembang Indah Mall.

"Kenapa Palembang potensial untuk wisata Malaysia?  Karena saat ini saja penerbangan ke Malaysia dari Palembang menggunakan maskapai AirAsia sebanyak 10x per minggu dengan kapasitas 1.800 kursi, tidak mustahil beberapa tahun lagi jumlah ini bertambah dari maskapai lain," ungkap Azhari. 

Menurutnya Carmeta Malaysia Expo & Travel Fair 2018 bertemakan Truly Asian menghadirkan 8 booth industri Malaysia seperti hotel - resorts, rumah sakit, dan produk wisata, warga Palembang dijamin mendapatkan tawaran paket-paket menarik biaya murah pada pameran tersebut. 

Misalnya paket liburan ke Malaysia mulai dari Rp 1,2 juta, hingga tawaran paket biaya berobat yang dijamin lebih murah.

Azhari menerangkan bagi kaum milenial, berpergian ke luar negeri tidaklah “mahal” untuk dilakukan, banyak sekali kemudahan-kemudahan ditawarkan melalui website-website penyedia jasa perjalanan berwisata ke luar negeri, mulai tiket pesawat, penginapan sampai transportasi. 

 “Anak-anak muda khususnya ataupun semua kalangan dapat mengunjungi website www.malaysia.travel jika ingin memperoleh berbagai informasi lengkap mengenai wisata Malaysia, bisa lebih praktis jika masyarakat mengunduh eBrochures Tourism Malaysia di app store androidnya masing-masing, atau datang langsung besok ke PIM,“ ujar Azhari. 

Selain mengadakan Travel Fair, kunjungan Tourism Malaysia Medan juga mengadakan program mempertemukan buyer dan seller dalam satu forum 'Travel Mart' di sebuah hotel di Palembang, agar agen perjalanan Malaysia bisa menawarkan paket khusus kepada agen perjalanan lokal. 

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar