Dinas Perhubungan siapkan enam bus pelajar

id bus siswa,bus sekolah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini

Dokumentasi- Armad bus sekolah. (ANTARA /Muhammad Adimaja)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menyiapkan enam unit bus angkutan khusus untuk mengangkut pelajar sekolah di wilayah itu.

"Bus ini kami siapkan khusus untuk mengangkut pelajar ke sekolah," kata Kepala Dinas Pehubungan Ogan Komering Ulu, Aminelson di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan, enam unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI ini disediakan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar di wilayah itu.

"Rencananya bantuan enam unit bus ini akan diserahkan langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada akhir Desember 2018," katanya.

Enam unit bus tersebut, kata dia, nantinya mengangkut pelajar di luar Kota Baturaja dengan rute perjalanan meliputi Kecamatan Semidang Aji-Baturaja Timur dan Lubuk Batang-Kecamatan Baturaja Timur.

Selanjutnya, rute Kecamatan Lubuk Raja-Baturaja Timur, Lengkiti-Baturaja Timur dan Kecamatan Pengandonan-Baturaja Timur serta rute pelajar sekolah di wilayah seputaran Kecamatan Baturaja Timur.

"Untuk operasionalnya pada pagi hari, siang hari dan sore hari," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bus pelajar ini akan mengangkut siswa secara gratis karena biaya operasionalnya seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) dan upah sopir angkutan tersebut rencananya dibebankan ke dana APBD Ogan Komering Ulu.

"Nanti kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pendidikan dan lain-lain untuk membicarakan soal teknisnya," jelasnya.

Aminilson mengimbau kepada siswa yang berdomisili di luar Kota Baturaja untuk memanfaatkan bus angkutan pelajar ini.

"Ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Ogan Komering Ulu kepada para siswa sebagai generasi penerus bangsa dan untuk menekan jumlah korban kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar