Basarnas Palembang imbau warga tingkatkan kesiapsiagaan

id Badan SAR,basarnas,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Berty DJ Kowaas,penanggulangan bencana

Badan SAR Nasional (Basarnas) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan SAR Nasional Kota Palembang, Sumatera Selatan mengimbau warga kota setempat meningkatkan kesiapsiagaan dari kemungkinan terjadinya bencana banjir menghadapi musim hujan sekarang ini hingga beberapa bulan ke depan.

"Banjir yang melanda hampir seluruh kawasan permukiman penduduk dengan ketinggian hingga satu meter pada Selasa (13/11) kemungkinan bisa terjadi kembali, dengan kesiapsiagaan yang tinggi bisa diminimalkan kerugian harta benda dan timbulnya korban jiwa," kata Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Palembang Berty DJ Kowaas, di Palembang, Rabu.

Selain mengimbau masyarakat, pihaknya juga berupaya meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana menghadapi musim hujan 2018 ini.

"Menghadapi musim hujan November 2018 ini hingga beberapa bulan ke depan, Basarnas berupaya meningkatkan kesiapsiagaan untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor serta bencana lainnya," ujarnya.

Menurut dia, dalam kondisi musim hujan, seperti tahun-tahun sebelumnya berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, kecelakaan angkutan darat, laut, dan udara.

Sesuai dengan ketentuan, Basarnas ditugaskan membantu dan melakukan evakuasi korban bencana baik yang masih hidup maupun yang meninggal dunia.

Untuk menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana dampak negatif musim hujan sekarang ini, Basarnas Palembang menyiagakan personel dan peralatan yang sewaktu-waktu bisa diturunkan di lokasi bencana.

Kesiapsiagaan personel regu penyelamat dan peralatan.Basarnas Palembang telah teruji, ketika terjadi banjir terutama di kawasan permukiman penduduk Sekip Tengah petugas dengan perahu karet membantu warga mengungsi ke tempat yang terbebas dari banjir, kata dia pula.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar