Pemkab Musi Banyuasin-UI operasi bibir sumbing

id bibir sumbing,operasi gratis,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,Tim Bedah Mulut

Pemkab Musi Banyuasin-UI operasi bibir sumbing

Dokumentasi- Sejumlah dokter dibantu perawat melakukan operasi bibir sumbing. (ANTARA News Sumsel//Nova Wahyudi)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan bekerja sama dengan Tim Bedah Mulut dan Maksilofasial Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI) akan membantu operasi bibir sumbing bagi masyarakat kurang mampu.

"Kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis akan dilaksanakan pada Desember 2018, bagi masyarakat yang akan memanfaatkan kegiatan tersebut dapat mengajukan permohonan kepada jajaran Dinas Kesehatan terdekat," kata Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, di Sekayu, Selasa.

Selain membuka kesempatan kepada masyarakat mengajukan permohonan, pihaknya juga berupaya melakukan pendataan penderita bibir sumbing dengan turun langsung ke desa-desa.

Dia menjelaskan, beberapa waktu lalu ketika melakukan kunjungan ke Desa Kemang, Kecamatan Sanga Desa, pihaknya menemukan dua anak dari kelurga miskin yang menderita bibir sumbing dan didata untuk mengikuti operasi.

"Kami berupaya melakukan pendataan ke desa-desa atau jemput bola, khawatir warga yang tinggal di pedesaan tidak mendapatkan informasi kegiatan operasi bibir sumbing gratis," ujar Dodi.

Menurut dia, kegiatan operasi bibir sumbing bekerja sama dengan pihak UI itu diharapkan bisa berjalan dengan baik dan semua warga yang menderita bibir sumbing bisa dibantu.

Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, selain persiapan medis dan nonmedis, sekarang ini jajaran Dinas Kesehatan Musi Banyuasin diminta gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.