Puluhan ribu pengemudi di Sumsel ditilang Polantas

id razia,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,pelanggar lalulintas,polantas

Puluhan ribu pengemudi di Sumsel ditilang Polantas

Dokumentasi- Razia kendaraan bermotor . (ANTARA News Sumsel/ Evan Ervani)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan dalam Operasi Zebra Musi 2018 yang digelar sejak 30 Oktober 2018 hingga kini telah melakukan penindakan kepada puluhan ribu pengendara kendaraan bermotor roda dua dan empat.

"Dalam operasi kali ini diutamakan penindakan tegas kepada pelanggar aturan lalu lintas, khusus di Kota Palembamg saja dilakukan tilang sekitar 4.000 pengemudi sepeda motor dan mobil,"?kata Dirlantas Polda Sumsel Kombes M Taslim, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, dalam Operasi Zebra berupaya melakukan penindakan tegas kepada pengendara yang terjaring di jalan dan terbukti melakukan pelanggaran aturan berlalu lintas seperti tidak memiliki surat-surat dan kelengkapan kendaraan.

Ketertiban berlalu lintas masyarakat di wilayah 17 kabupaten/kota dalam wilayah hukum Polda Sumsel tergolong rendah, sehingga memerlukan penindakan tegas dalam bentuk tilang.

Dengan melakukan penindakan tegas memberikan surat bukti pelanggaran (tilang), diharapkan masyarakat yang biasa mengendarai kendaraan bermotor roda dua dan empat bisa lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas, katanya pula.

Kedisiplinan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas perlu ditingkatkan, sehingga angka kecelakaan lalu lintas yang tergolong tinggi dapat diminimalkan,?kata Kombes Taslim.

Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara menyatakan kesadaran masyarakat provinsi ini dalam tertib berlalu lintas masih rendah, sehingga angka kecelakaan lalu lintas di daerah ini cukup tinggi.

Kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Sumsel hingga kini masih cukup tinggi mencapai ribuan kasus setiap tahun, sehingga menjadi perhatian pihaknya untuk meminimalkan dengan meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat, katanya.

Untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, selain gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, juga rutin menggelar operasi kepolisian untuk menegakkan aturan hukum bagi pelanggar lalu lintas seperti Operasi Zebra Musi yang dijadwalkan berlangsung 30 Oktober hingga 13 November 2018 secara serentak di wilayah hukum Polda Sumsel.

Melalui operasi kepolisian di bidang lalu lintas itu, diharapkan masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor bisa lebih tertib dan melengkapi kendaraannya dengan surat-surat yang diperlukan, seperti STNK dan SIM serta kelengkapan teknis kendaraan, ujar Kapolda Sumsel pula.