Pemprov Sumsel jamin bantuan bencana musim hujan

id Mawardi Yahya,bencana alam,bantuan bencana alam,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Pemprov Sumsel jamin bantuan bencana musim hujan

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya. (Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjamin ketersediaan bantuan untuk masyarakat yang tertimpa bencana pada musim hujan sekarang hingga beberapa bulan ke depan.

"Sekarang sudah disiapkan bantuan untuk korban bencana di Dinas Sosial setempat dalam bentuk bahan makanan untuk orang dewasa dan anak-anak, selimut, tenda penampungan sementara, dan peralatan evakuasi," kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, di Palembang, Senin.

Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya menghadapi musim hujan, di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini terapat beberapa wilayah yang cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut, pemprov telah melakukan berbagai persiapan sehingga jika terjadi bencana para korban dapat segera dibantu.

Cadangan bantuan untuk bencana tersebut disimpan di gudang bantuan bencana Dinas Sosial Sumsel dan gudang milik Bulog yang terdapat di 17 kabupaten dan kota .

"Sebagai gambaran kini tersedia beras untuk cadangan bantuan bencana luar biasa sebanyak 200 ton di tingkat provinsi dan 100 ton di tingkat kabupaten dan kota, sedangkan stok untuk bantuan reguler terdapat lima ton beras per kabupaten dan kota," ujarnya.

Bantuan tersebut sewaktu-waktu siap didistribusikan oleh petugas Dinas Sosial dan sukarelawan taruna siaga bencana (Tagana) kepada masyarakat di kabupaten dan kota yang mengalami bencana.

Selain berupaya menyiapkan bantuan bencana, dalam menghadapi musim hujan yang segera tiba dia mengimbau masyarakat agar melakukan berbagai antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat meminimalkan timbulnya kerugian materi dan korban jiwa ketika terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor, kata Wagub.