Perbaikan jalan induk di Palembang capai 95 persen

id jalan,jalan rusak,perbaikan jalan,pemkot palembang

Perbaikan jalan induk di Palembang capai 95 persen

Ilustrasi (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat Kota Palembang mencatat perbaikan jalan induk dalam anggaran 2018 sudah mencapai 95 persen. 

"Hampir jalan induk yang tercatat di 18 kecamatan sudah selesai, masih tersisa 5 persen lantaran ini akan memasuki akhir tahun," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari, Kamis. 

Dari 18 kecamatan ini,  sekitar 1.000 titik jalan yang  diperbaiki. Dia mengatakan, dari panjang total jalan Palembang 681,75 km, 7 persen  atau 50 km yang mengalami rusak berat dan 7 persen atau 51 km rusak sedang. 

Beberapa lokasi jalan yang diperbaiki. Kecamatan ilir timur 1 sebanyak 20 jalan yang diperbaiki dengan total dana Rp8,45 miliar. Lokasinya antara lain jalan Dempo dalam, ariodillah gg budaya, letnan sayuti dan sekip bendung. 

Kecamatan IT II, sebanyak 183 titik jalan yang diperbaiki dengan total dana Rp23 miliar. Lokasi diantaranya,  jalan lr astamurca, lr basmiun, al himah dan sutan syahrir.  

Kecamatan IB I terdiri dari 105 titik jalan yang akan diperbaiki dengan total dana Rp37 miliar. Lokasi diantaranya, jalan tanjung bubuk,  muhajirin,  putri rambutan selako dan jalan seroja.

"Dikecamatan ilir barat II terdiri dari 10 titik yang akan diperbaiko dengan dana Rp3,4 miliar," ujar dia.  Diantaranya, jalan mangga,  sepakat,  salam dan kemang manis.  

Di kecamatan seberang ulu I ada 104 jalan yang akan diperbaiki dengan dana Rp23, 9 miliar.  Lokasi diantaranya jalan bali opi, SH wardoyo,  beringin 2, dan pangeran ratu. Dikecamatan SU II ada 44 jalan yang akan diperbaiki dengan anggaran Rp9,6 miliar. Lokasi diantaranya, jalan A Kadir,  jaya 7, banten VI,  dan jalan nigata.

Di kecamatan Sukarami yang cukup banyak perbaikan dilakukan mencapai 200 jalan dengan dana Rp57 miliar. Lokasi diantaranya, jalan muamarah talang betutu,  jl mawar merah,  masjid assalim dan sungai sedapat. 

"Dikecamatan sako diperbaiki di 36 titik jalan dengan dana Rp10 miliar," katanya.

Lokasi diantaranya, jalan ganda subrata, rustini,  lingkungan dan jalan jepang. Di Kecamatan Kemuning perbaikan di 33 jalan dengan dana Rp9,1 miliar.  Diantaranya, jalan lebak mulya,  makmur, rimba kemuning dan sekip bendung. 

Dikecamatan bukit kecil ada 19 lokasi perbaikan jalan dengan dana Rp3,4 miliar. Diantaranya, jl setapak, Kapt A Rivai, batu karang dan komplek banten. Dikecamatan kalidoni terdapat 54 titik jalan yang diperbaiki dengan dana Rp13, 2 miliar.  Lokasi diantaranya, jalan karunia abadi,  sekeliling laoangan prajurit yusuf zen, dan lebak jaya. 

Di kecamatan plaju ada 48 titik jalan yang akan diperbaiki dengan dana Rp10, 4 miliar.  Lokasi dinataranya, tegal binangun,  serentak,  melon dan raflesia. Dikecamatan kertapati ada 46 lokasi jalan yang akan diperbaiki dengan dana Rp28,3 miliar. Lokasi diantaranya, jl TPA II, M Yunus,  lingkungan dan ki marogan. 

Di kecamatan Gandus, ada 20 titik jalan yang akan diperbaiki dengan dana Rp22,9 miliar.  Lokasi dinataranya, jl daraputih, terusan purbakala, porod lettu karim kadir dan amin fauzi.

Sementara di kecamatan Alang-alang lebar ada 74 jalan yang diperbaiki dengan dana Rp37 miliar. Lokasi diantaranya, kol h burlian,  sanjaya,  rama dan jl mushola. 

Dikecamatan Sematang Borang, meliputi 46 titik jalan diperbaiki dengan dana Rp10 miliar.  Lokasi diantaranya, jalan ki sanip,  kesuma, pesona dan  jalan kampung serang. 

Perbaikan jalan ini sudah dianggarkan dari dana APBD sebanyak Rp115 miliar, dana aspirasi Rp45 miliar dan Dana Alokasi Khusus APBN sebesar Rp79,7 miliar. Khusus dana DAK diprioritaskan untuk jalan yang menghubungkan jalan nasional (balai).

Ada delapan lokasi yang dilakukan perbaikan, diantaranya Jl jepang yang menghubungkan ke Jl soekarno hatta, Jl TPA keramasan yang menghubungkan musi 2. Jenis perbaikan yang dilakukan, kata Rifai beragam melihat kondisi jalan.

Misalnya jalan yang rusak berat dengan kawasan yang mudah tergenang air dilakukan cor beton. Untuk jalan yang kering bisa dilakukan dengan pengaspalan.