Pantau ASN salat subuh lewat aplikasi 'Siabuh'

id harno,harnojoyo,aplikasi,salat,salat subuh

Pantau ASN salat subuh lewat aplikasi 'Siabuh'

lustrasi - Kaum muslim bersiap melaksanakan ibadah salat. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/EM)

....Sistemnya seperti daftar hadir, jadi mulai dari pukul 04.30 WIB hingga pukul 05.30 WIB para pegawai dipersilakan mengisi laporan salat subuhnya dengan meunggah foto....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang  meluncurkan aplikasi salat subuh yang dinamakan “Siabuh” untuk memantau kehadiran para pejabat dan ASN ya g mengikuti shalat subuh. 

"Melalui aplikasi yang tersedia di android ini saya dapat memantau kegiatan pegawai di waktu subuh," ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo usai melakukan rapat aplikasi subuh di rumah dinas walikota, Selasa. 

Melalui aplikasi ini juga akan ketahuan jika ada pegawai yang jarang ke Masjid apalagi bangun siang. Selain itu aplikasi ini juga dapat memantau masjid mana yang ramai serta pegawai dapat melaporkan dirinya ikut program subuh dengan mengupload foto di aplikasi.

"Sistemnya seperti daftar hadir, jadi mulai dari pukul 04.30 WIB hingga pukul 05.30 WIB para pegawai dipersilakan mengisi laporan salat subuhnya dengan meunggah foto. Kalau sudah masuk pukul 06.00 WIB sudah tak dihitung lagi, aplikasi tak bisa dibuka lagi, maka dari itu harus tepat waktu," tegasnya. 

Dengan adanya aplikasi ini yang terlambat akan ketahuan melalui indikatornya, sementara yang tepat waktu dan selalu tepat waktu akan menerima rewards. 

"Kami ingin melihat bagaimana pejabat di kota ini menjadi penggerak salat subuh di lingkungan masing-masing. Targetnya salat subuh ini lebih ramai dari salat Jumat," ungkap Harno.

Hikmah yang didapat dari salat subuh ditambahkannya, adalah bisa beraktifitas lebih awal. Jangan mau kalah dengan penduduk negara lain yang selalu tepat waktu.