Bank Indonesia bersama TNI AL gelar kas kapal keliling

id Bank Indonesia,TNI AL,Kas Kapal

Bank Indonesia bersama TNI AL gelar kas kapal keliling

Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran BI Perwakilan Sumsel, Ferdi Silalahi (Tengah), Komandan Pangkalan TNI AL Palembang, Kolonel Laut Dwi Prasetyo (dua kiri) beserta jajaran pada pelepasan keberangkatan kas kapal keliling di pelabuhan Boom Baru, Palembang, Jumat (2/11). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18.)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) menggelar Kas Kapal Keliling dalam mengantisipasi penggunaan uang lusuh.

“Kita berangkat bersama TNI AL dan akan kembali tanggal 7 November 2018 mendatang dengan jumlah uang yang dibawa sebesar Rp1,5 miliar,” kata Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran BI Perwakilan Sumsel, Ferdi Silalahi di Palembang, Jumat (2/11).

Ia mengatakan uang yang dibawa lengkap dari semua pecahan dengan kondisi masih baru.

“Kita menyerap uang masyarakat disana yang lusuh agar masyarakat mendapatkan uang yang layak edar,” ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya digelar di tahun 2018.

“Kas kapal keliling akan menyusuri pasar-pasar sepanjang Sungai Musi, kami sudah memberikan pengumuman disana bahwa tim kami akan datang untuk melayani penukaran uang,” ujar Ferdi.

Komandan Pangkalan TNI AL Palembang, Kolonel Laut Dwi Prasetyo mengatakan sebanyak 15 personil dikerahkan dalam kas kapal keliling ini.

“Kami akan menyusuri wilayah yang sulit dijangkau kendaraan dengan membantu masyarakat menukar uangnya dengan yang baru,“ ujarnya.