Sejumlah titik di Kota Baturaja dipasang CCTV

id cctv,oku,bupati oku,kawasan Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu,Kuryana Azis,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Sejumlah titik di Kota Baturaja dipasang CCTV

Dokumentasi - Petuga memasang cctv (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah titik di kawasan Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan dipasang kamera pengawas atau CCTV guna mengamati setiap aksi kejahatan yang terjadi di wilayah itu.

Bupati Ogan Komering Ulu, Kuryana Azis di Baturaja, Sabtu mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat akan memasang CCTV itu untuk menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat.

Dia mengatakan, rencana pemasangan kamera pengintai tersebut untuk mengamati setiap gerak gerik pelaku kriminalitas sehingga wilayah setempat diharapkan aman dari aksi kejahatan.

"Pemasangan ini juga guna memudahkan pihak kepolisian dalam mengungkap pelaku pencurian ataupun kejahatan lainnya," katanya.

Hanya saja kata dia, pihaknya belum dapat memastikan apakah kamera CCTV itu akan dipasang dalam waktu deka karena pemerintah daerah setempat belum memiliki anggaran untuk membeli peralatan tersebut.

"Kami sedang mencari sumber dananya terlebih dahulu. Sebab, anggaran untuk membeli kamera pengintai ini cukup mahal sehingga sulit terwujud jika hanya mengandalkan dana pemerintah saja," kata Kuryana.

Pihaknya juga mengajak perusahaan swasta di wilayah itu agar turut berpartisipasi membantu biaya pembelian beberapa unit kamera CCTV tersebut.

"Kamera pengawas ini cukup penting menyusul peristiwa penembakan warga tewas ditembak oleh pelaku begal beberapa waktu lalu dapat menjadi contoh. Sebab, jika di kawasan padat penduduk tersebut sudah dipasang CCTV, pastinya kasus ini sudah berhasil diungkap pihak kepolisian," ujar dia.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk menggiatkan penjagaan dengan mengaktifkan Poskamling di lingkungan masing-masing guna mengantisipasi aksi kejahatan.

"Peran aktif masyarakat menjaga perkampungan penting dan dibutuhkan dalam mencegah aksi kejahatan," katanya.