Pemkab Musi Banyuasin siapkan lahan perluas Lapas

id Musi Banyuasin, Sumatera Selatan,Kementerian Hukum dan HAM,Beni Hernedi,Wakil Bupati Musi Banyuasin,lapas,perluasan lapas,berita sumsel,berita palemba

Pemkab Musi Banyuasin siapkan lahan perluas Lapas

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi. (dok.Humas Muba)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyiapkan lahan seluas tiga hektare untuk pengembangan lembaga pemasyarakatan yang saat ini mengalami kelebihan penghuni.

Lembaga Pemasyarakatan di kabupaten ini penghuninya sudah cukup padat, kondisi ini mendorong pemkab membantu Kementerian Hukum dan HAM melakukan perluasan, kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, lembaga pemasyarakatan Sekayu saat ini mengalami kelebihan penghuni hingga 200 persen dari kapasitas yang tersedia sekitar 300 orang.

Untuk membantu perluasan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sekayu yang daya tampungnya terbatas tidak sesuai dengan jumlah penghuninya, saat ini telah disediakan lahan seluas tiga hektare, katanya.

Menurut dia, kondisi kelebihan penghuni dari kapasitas lapas yang sangat besar itu tidak boleh dibiarkan, karena dinilai kurang manusiawi dan sulit melakukan pembinaan kepada narapidana dalam ruangan yang padat penghuni.

Perluasan blok ruang tahanan diupayakan segera dilakukan, sehingga 900?masyarakat kabupaten ini yang menjalani masa pembinaan di lapas itu bisa dilayani dengan baik dan merasa nyaman.

Selain berupaya melakukan penambahan blok ruangan tahanan, pihaknya juga berupaya memberikan bantuan lainnya sehingga program pembinaan kepada masyarakat yang terbukti melakukan pelanggaran tindak pidana umum itu bisa berjalan dengan baik, kata Wabup.