Pengawasan taman kota akan libatkan Satpol PP

id taman kota,sat pol pp,cctv,fasilitas publik

Pengawasan taman kota akan libatkan Satpol PP

Kondisi Taman kota tugu Adipura Palembang, Minggu (28/10) (ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Palembang akan melibatkan satuan polisi pamong praja untuk mengawasi fasilitas publik seperti taman.

"Taman ini kerap dirusak oleh masyarakat seperti taman yang dilengkapi fasilitasi lempengan Adipura dan taman dibawah monpera. Makanya kedepan kami akan melibatkan sat pol pp untuk memantau taman kota Palembang," ujar Kepala Bidang Sarana dan Unitilitas, Asmuandi Murod, Rabu. 

Dia mengatakan dengan melibatkan sat pol pp tentu bisa meningkatkan keamanan di taman khususnya taman yang kerap digunakan oleh masyarakat. Selain itu, kemungkinan akan ditambah kamera pengintai atau CCTV untuk memudahkan pantauan ke taman. 

"Sekarang CCTV baru ada di taman monpera. Beberapa waktu lalu, kami melihat ada oknum yang merusak taman. Untuk pemasangan CCTV mungkin akan dilakukan bertahap,"ungkapnya. 

Ini dilakuka selain masih ada warga yang sengaja merusak fasilitas taman katanya, ada pula yang melakukan pencurian. Apalagi belum lama ini, salah satu lempengan adipura yang terlatak di Taman POM IX dicuri. 

Dia menerangkan untuk perawatan taman yang paking banyak dilakukan yakni di Taman Kambang Iwak, POM IX. Dimana taman ini kerap di manfaatkan oleh masyarakat untuk jogging track. 

Ketika ada tanaman yang rusak, pihaknya akan segera melakukan perbaikan dan menyulam tanaman tersebut.

"Untuk biaya perawatan taman sudah ada anggarannya, namun saya tidak hapal jumlahnya," ungkapnya.