Kapolda Sumsel: Kesadaran tertib lalu lintas rendah

id Irjen Zulkarnain Adinegara,Kapolda Sumatera Selatan,tertib berlalu lintas,kecelakaan lalu lintas,Kapolda Sumsel,berita sumsel,berita palembang

Kapolda Sumsel: Kesadaran tertib lalu lintas rendah

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain Adinegara menyatakan kesadaran masyarakat provinsi ini dalam tertib berlalu lintas masih rendah, sehingga angka kecelakaan lalu lintas di daerah ini cukup tinggi.

Kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Sumsel meliputi 17 kabupaten dan kota hingga kini masih cukup tinggi mencapai ribuan kasus setiap tahun, sehingga kondisi ini menjadi perhatian pihaknya untuk meminimalkan dengan meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas masyarakat, kata Irjen Zulkarnain, di Palembang, Selasa.

Untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, selain gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, juga rutin menggelar operasi kepolisian untuk menegakkan aturan hukum bagi pelanggar lalu lintas, katanya pula.

Menurut dia, untuk menegakkan hukum dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas pada penghujung tahun ini, pihaknya menggelar Operasi Zebra Musi pada 30 Oktober sampai dengan 11 November 2018 secara serentak di wilayah hukum Polda Sumsel.

Melalui operasi kepolisian di bidang lalu lintas itu, diharapkan masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor bisa lebih tertib dan melengkapi kendaraannya dengan surat-surat yang diperlukan, seperti STNK dan SIM.

Jika dalam operasi tersebut ditemukan masyarakat pengguna kendaraan bermotor pribadi dan angkutan umum/barang tidak mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas serta tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan, akan dikenakan tindakan tegas sesuai ketentuan hukum, ujarnya lagi.

Dia menjelaskan,?kecelakaan lalu lintas berdasarkan analisa dan evaluasi kasus yang ditangani petugas di lapangan, sebagian besar diakibatkan faktor kelalaian masyarakat pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

"Dengan peningkatan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas, diharapkan dapat tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," kata?Kapolda Sumsel itu pula.