Kemenhub turunkan tarif LRT integrasi, waktu operasi diperpanjang

id Kemenhub,LRT,tarif,operasi

Arsip Foto. Masyarakat antusias menggunakan transportasi umum Light Rail Transit (LRT) di Palembang (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

....penumpang hanya membayar tarif Rp10 ribu untuk satu kali pembayaran saja, sehingga saat berganti moda transportasi, masyarakat tidak ditarik kembali pembayaran naik moda transportasi berikutnya....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Perhubungan menurunkan tarif Light Rail Transit (LRT) dalam ujicoba integrasi periode November - Desember dengan Damri dan Transmusi, penumpang hanya dikenakan satu tarif.

"Kota Palembang menjadi laboratorium gaya hidup angkutan masal karena adanya LRT, kami ingin kehadirannya benar-benar dirasakan masyarakat, maka agar efektifitasnya lebih terasa, kami menurunkan tarif integrasi LRT-Damri dan LRT-Transmusi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberi keterangan pers di Palembang, Sabtu.

Menurutnya penurunan tarif memberikan keuntungan bagi pengguna moda transportasi umum, saat pelaksanaan uji coba, penumpang yang akan menggunakan berbagai moda transportasi umum ke tempat tujuan hanya dikenakan pembayaran satu kali.

Dia menerangkan sebelum uji coba, penumpang harus membayar Rp13 ribu ketika berpindah dari stasiun LRT ke bus Damri (Rp5 ribu tarif LRT dan Rp8 ribu tarif Damri).

Pada  pelaksanaan uji coba sekarang, penumpang hanya membayar tarif Rp10 ribu untuk satu kali pembayaran saja, sehingga saat berganti moda transportasi, masyarakat tidak ditarik kembali pembayaran naik moda transportasi berikutnya.

Berikut tarif baru integrasi LRT-Damri dan LRT-Transmusi ujicoba November - Desember:

1. Integrasi LRT - Damri - Transmusi dari Stasiun DJKA ke Indralaya (UNSRI)
- mahasiswa : Rp7 ribu (LRT - Damri)
- masyarakat umum : Rp10 ribu (LRT - Damri)
- mahasiswa - masyarakat umum : Rp12 ribu (LRT- Damri - Transmusi)

2. Integrasi LRT Sumsel dengan Transmusi untuk semua jurusan
- mahasiswa : Rp7 ribu (LRT - Transmusi)
- masyarakat Umum : Rp7 ribu (LRT - Transmusi)

Sementara tarif LRT antar stasiun tidak mengalami perubahan, tujuan bandara Rp10 ribu dan selain bandara Rp5 ribu. 

Selain menurunkan tarif, Menhub juga memperpanjang jam operasional LRT, semula pukul 06.00 – 18.00 WIB menjadi pukul 05.00 - 20.00 WIB. 

DIharapkan perpanjangan waktu operasional dapat mensinergikan pelaksanaan integrasi moda transportasi umum yang ada,  memberikan kesempatan waktu  lebih lama kepada masyarakat  menggunakan LRT Sumsel ketika melaksanakan perjalanan ataupun beraktifitas.

“Pelaksanaan uji coba integrasi moda transportasi umum ini diharapkan dapat mengubah budaya masyarakat Sumatera Selatan, khususnya yang berada di wilayah Palembang dan sekitarnya agar mau beralih menggunakan moda transportasi umum ke tempat tujuan,” ujar Menhub.

Ia menambahkan kedepan Pemerintah akan mengintegrasikan LRT Sumsel, Damri, Transmusi dengan bus air sebagai moda transportasi umum yang juga digunakan masyarakat di Palembang dan sekitarnya.
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar