Layanan pengaduan Diskominfo Sumsel bersaing di tingkat nasional

id kominfo sumsel,diskominfo,pelayanan,layanan online,basis layanan jaringan

Layanan pengaduan Diskominfo Sumsel bersaing di tingkat nasional

Dokumen - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dok. grafis/Aw)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Layanan pengaduan berbasis online atau berjaringan Dinas Komonikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Selatan  akan bersaing di tingkat nasional untuk menentukan daerah yang terbaik dalam bidang pelayanan publik di Indonesia.

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Sumatera Selatan (Sumsel) Jon Kennedy di Palembang, Jumat mengatakan, layanan berbasis jaringan ungulan Sumsel itu  di antaranya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Layanan itu akan akan bersaing dengan Diskominfo seluruh provinsi di Indonesia untuk melihat sejauh mana layanan tersebut.

Dia mengatakan, layanan tersebut terintegrasi dengan kabupaten dan kota dan merupakan layanan untuk masyarakat, terutama dalam pembangunan termasuk dalam menyampaikan aspirasi.

Bagi pemerintah sendiri layanan tersebut untuk memudahkan mengecek dan mengevaluasi aspirasi dan keluhan masyarakat.

Layanan tersebut akan terus diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Pemerintah Provinsi Sumsel sehingga pemanfaatannya dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Memang, ujar dia, saat ini panitia telah melakukan self assessment dengan registrasi dan pelampiran dokumen untuk kemudian diperiksa tim evaluasi yang terdiri dari perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

Sementara Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik Diskominfo Sumsel, Amrullah mengatakan, tim SP4N-LAPOR Sumsel dibentuk melalui Keputusan Gubernur Sumsel tentang tim koordinasi pengelolaan layanan.

Sejak dibentuk pada awal Desember 2017, tim pengelola layanan telah melayani sejumlah pengaduan masyarakat dan terus melakukan sosialisasi, baik melalui media sosial seperti diantaranya instagram.

Kesemuanya itu dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi di Sumsel serta untuk mendukung visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.