Kesehatan calon jamaah haji Sumsel menjadi prioritas Pemprov Sumsel

id jamaah haji,dr Trisnawarman,dinas kesehatan sumsel,kesehatan calon jamaah haji daerah,penanganan penyakit,musim panas di Arab,musim panas di Arab Saud

Kesehatan calon jamaah haji Sumsel menjadi prioritas Pemprov Sumsel

Jamaah haji kloter pertama embarkasih Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan mengutamakan kesehatan calon jamaah haji daerah itu dengan mengantisipasi dan penanganan penyakit terutama saat musim panas di Arab Saudi.

Apalagi pada musim haji mendatang diperkirakan bertepatan musim panas, sehingga berbagai penyakit perlu diantisipasi, kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumsel dr Trisnawarman di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam mengantisipasi berbagai macam penyakit akibat dari panas itu pihaknya beberapa waktu lalu melaksanakan simposium yang bertemakan "Antisipasi dan Penanganan Penyakit pada Jamaah di Musim Panas" yang dilaksanakan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia.

Jadi saat menunaikan rukun Islam kelima mendatang agar berjalan maksimal maka Dinas Kesehatan perlu mempersiapkan diri sejak dini agar dampak penyakit saat musim panas dapat diantisipasi .?? ?

Yang jelas, ujar dia, pihaknya mengharapkan ibadah haji berjalan lancar dan jamaah kembali dengan selamat serta menjadi haji mabrur.

Sementara Ketua Simposium Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) daerah Sumsel dr Fenty Aprina mengatakan, periode haji tahun 2019 diperkirakan bersamaan dengan musim panas di Arab Saudi sehingga sangat penting untuk memberikan edukasi mengantisipasi berbagai penyakit.

Jadi terkait dampak musim panas maka apa yang harus jamaah dan tim kesehatan lakukan untuk mencegah kesakitan yang diakibatkan cuaca tersebut, ujar dia.

Dia mengatakan, apalagi jemaah harus selalu sehat karena itu salah satu syarat supaya ibadah haji berjalan lancar.

Dalam berhaji bukan saja hanya mampu secara materi tetapi harus didukung kesehatan yang baik sehingga rukun Islam kelima dapat dikerjakan dengan khusuk.

Bukan itu saja, lanjut dia, kesehatan hal utama dalam menunaikan haji karena itu telah diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan simposium agar semuanya mengerti dampak musim panas tersebut dan pertemuan tersebut diikuti utusan antara lain dinas kesehatan kabupaten dan kota se Sumsel, tambah dia.