SPBU Kompak energi baru bagi masyarakat Suoh Lampung

id spbu kompak,bbm satu harga,bbm,masyarakat suoh,spbu,distribusi bbm

SPBU Kompak energi baru bagi masyarakat Suoh Lampung

Kehadiran SPBU Kompak 26.348.05 sejak 18 September 2018 merupakan energi baru bagi warga Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh di Lampung Barat (Dokumen foto Pertamina/i016/18)

....Ini menunjukkan betapa signifikannya kehadiran SPBU Kompak 26.348.05 bagi masyarakat di Suoh....
Suoh, Lampung Barat (ANTARA News Sumsel) - Kehadiran SPBU Kompak 26.348.05 sejak 18 September 2018 merupakan energi baru bagi warga Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh di Lampung Barat, karena kini tidak perlu lagi khawatir untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).

"Masyarakat Suoh selain dapat menikmati premium dan solar dengan harga terjangkau, juga memiliki pilihan untuk menggunakan pertalite dan dexlite untuk kendaraan mereka dengan harga yang sama dengan wilayah lain di Lampung, kata Pjs Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel Taufikurachman di Palembang, Kamis.

SPBU Kompak 26.348.05 ini beroperasi di bawah wilayah Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dengan titik suplai yang dikirimkan dari Terminal BBM Panjang, Lampung. Meski proses pendistribusiannya terbilang sederhana karena penyaluran menggunakan truk tangki dengan jarak 171 Km dan waktu tempuh sekitar 6 jam, medan yang kurang bersahabat ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Pada beberapa titik, kata dia, akses menuju SPBU Kompak 26.348.05 di Suoh cukup berbahaya untuk dilalui, sebab medan berat yang berbukit dan adanya jalan yang masih berupa tanah menjadi sangat berbahaya dan licin terutama jika hujan turun.

Kondisi inilah yang harus dihadapi oleh para awak mobil tangki, terkadang truk tangki yang mereka kendarai harus berhenti dan menunggu untuk dapat masuk ke Suoh.

“Sesulit apapun kondisi dan medan yang ditempuh rekan-rekan awak mobil tangki, kami memastikan BBM tetap disalurkan menuju SPBU Kompak di Suoh, itu adalah tanggung jawab kami untuk menyediakan energi bagi masyarakat. Tantangan tersebut tentunya akan kami mitigasi alternatifnya agar penyaluran tetap lancar, karena keselamatan tetap menjadi prioritas kami,” ujar Taufikurachman.
SPBU Kompak 26.348.05 merupakan energi baru bagi warga Pekon Gunung Ratu, Kecamatan Bandar Negeri Suoh di Lampung Barat (Dokumen foto Pertamina/i016/18)

Dia menjelaskan, saat ini manfaat dari SPBU Kompak 26.348.05 di Suoh sudah dinikmati oleh masyarakat. Berdasarkan data realisasi konsumsi, sejak beroperasinya SPBU Kompak di Suoh hingga saat ini, Pertamina telah menyalurkan sebanyak 200 Kilo Liter (KL) BBM, yakni untuk jenis premium 104 KL, bio solar 40 KL, pertalite 48 KL, dan dexlite 8 KL.

“Ini menunjukkan betapa signifikannya kehadiran SPBU Kompak 26.348.05 bagi masyarakat di Suoh. Harapan kami selain dari penyaluran yang tepat, SPBU Kompak ini bisa menjadi sumber energi baru bagi masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian di daerah tersebut,” ujarnya.

SPBU Kompak 26.348.05 di Suoh ini sendiri rencananya akan diresmikan sebagai salah satu titik BBM Satu Harga di wilayah Sumbagsel setelah pada awal September lalu titik BBM Satu Harga di Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Sumsel) dan tahun 2017 titik BBM Satu Harga di Pulau Enggano, Bengkulu sudah diresmikan. (rel/I016)