Gubernur: Pemberian listrik bersubsidi harus tepat sasaran

id listrik,meteran listrik

Gubernur: Pemberian listrik bersubsidi harus tepat sasaran

Seorang ibu rumah tangga mengisi vocher isi ulang di KWH milik PT PLN Persero (ANTARA FOTO/Jojon/Ang/Spt)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta agar dalam memberikan listrik bersubsidi kepada masyarakat harus tepat sasaran supayamasyarakat kurang mampu benar-benar terbantu.

Subsidi listrik harus diberikan secara bijak dan objektif dengan memperhatikan kondisi dan situasi dari masyarakat yang layak menerima subsidi, kata gubernur di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan terkait masalah tersebut maka pihak PLN dapat berkoordinasi dengan Dinas Sosial yang ada di Kabupaten dan Kota ataupun BPS dalam membuat terobosan yang baru terhadap mekanisme pada saat survei ke lapangan.

Jadi harus dilihat betul saat survei dan jangan hanya dilihat kondisi tampak luarnya saja, namun kondisi kenyataan perekonomian masyarakat, ujar gubernur.

Menurut dia, ada masyarakat yang mungkin rumahnya besar karena itu tempat tinggal warisan akan tetapi kondisi perekonomian yang tidak mampu, ini tentu jadi persoalan tersendiri," jelasnya.

Bergitu juga mengenai listrik masuk desa perlu berkoordinasi dengan Kepala Desa dan supaya semua deas di Sumsel teraliri listrik, kata dia.

Sementara mengenai listrik masuk desa tersebut, gubernur mengatakan, dirinya saat menjadi Bupati Ogan Komering Ulu Timur memprogramkan listrik curah untuk penerangan.

Bahkan, lanjut dia, untuk mengatasi kelangkaan listrik pihaknya menyalurkan jaringan penerangan tersebut didistribusikan melalui Koperasi Energi.

Bila kesemuanya itu diterapkan maka kesulitan akan peneranangan desa dapat diatasi, kata dia.

Memang secara umum kebutuhan daya listrik di desa secara menyeluruh sudah tercakupitetapi masih ada yang belum terjangkau terutama daerah pelosok.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar