Wali Kota Palembang berencana bangun waduk seluas 100 hektare

id waduk,harnojoyo,harno,walikota palembang,PDAM

Wali Kota Palembang berencana bangun waduk seluas 100 hektare

Wali Kota Palembang, Harnojoyo (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo berencana membangun waduk seluas 100 hektare untuk cadangan bahan baku air bersih PDAM Tirta Musi Palembang. 

"Air baku selama ini berasal dari Sungai Musi.  Namun jika terjadi kemarau panjang, dan intruksi PDAM belum memiliki cadangan. Saya lihat di sungai Mahakam saat terjadi kemarau ada 7 intake PDAM disana tak bisa berfungsi," katanya. 

Menurutnya, kejadian di Kalimantan jangan sampai terjadi dengan PDAM Tirta Musi Palembang.  Sehingga dibutuhkan waduk untuk  menjadi  cadangan bahan baku air jika terjadi kemarau atau intrusi tadi.  

"Waduk ini bisa memenuhi kebutuhan air selama enam bulan, "kata Harnojoyo.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih pihaknya sedang melakukan pengembangan sistem air minum PDAM

Sebab saat ini kapasitas air bersih tak sebanding lagi dengan kebutuhan  yang diperlukan sehingga pengembangan sistem perlu dilakukan.  

"Kami akan bangun intake di Gandus,  Poligon dan peningkatan kapasitas intake lainnya,  untuk memenuhi kebutuhan air bersih," kata Harnojoyo. 

Program ini akan selesai dibangun pada 2021 mendatang dengan harapan kebutuhan air bersih bisa dipenuhi.

"Saat ini baru 73 persen kebutuhan air bersih,  dengan adanya intake baru bisa menambah kebutuhan  air bersih di Palembang," katanya.