Bendungan tigadihaji akan dijadikan tempat perikanan

id bendungan,bendungan tigadihaji,perikanan,budi daya,budi daya perikanan,bendungan oku

Bendungan tigadihaji akan dijadikan tempat perikanan

Bendungan Tiga Dihaji (pupengairan.sumselprov.go.id)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Bendungan Tigadihaji di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, akan dijadikan tempat budi daya perikanan selain berfungsi sebagai sumber air persawahan.

Ketua Harian Forum Pemangku Kepentingan Pembangunan Bendungan Tigadihaji Ogan Komering Ulu Selatan Kamlan Jamseri di Palembang, Rabu mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan supaya bendungan untuk persawahan itu juga dijadikan tempat budi daya ikan.

Usulan itu, katanya, telah disetujui sehingga danau yang dibangun melalui dana APBN tersebut semakin bermanfaat bagi masyarakat.

Dia mengatakan, ikan sangat dibutuhkan bagi masyarakat setempat termasuk daerah lain sehingga budi daya komoditas itu harus dimaksimalkan.?

Budi daya di bendungan itu juga untuk melestarikan ikan yang saat ini jenisnya sudah banyak berkurang, ujar dia.

Bendungan tersebut akan dimanfaatkan untuk memelihara ikan selain tempat rekreasi, dan energi listrik dan persawahan.

Sebelumnya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Suparji mengatakan, memang bendungan nasional itu akan dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat di provinsi Sumsel.

Bendungan tersebut, antara lain, akan dijadikan tempat memelihara ikan atau perikanan tangkap bagi masyarakat sekitar, ujar dia.

Dia mengatakan, danau bendungan dengan luas 468 hektare yang mampu menampung air sekitar 130,22 juta meter kubik itu memang multi manfaat.

Memang, lanjut dia, tujuan utamannya untuk mengaliri persawahan di kabupaten tersebut termasuk terutama untuk ketahanan pangan.

Oleh karena itu Presiden menetapkan untuk membangun beberapa waduk di Indonesia, di antaranya di Ogan Komering Ulu Selatan yang saat ini sedang dilaksanakan ganti rugi lahan masyarakat, tambah dia.