Pemerintah akan bangun empat jalan tol di Sumsel

id pembangunan jalan tol,tol sumatera,tol sumatera-bengkulu,PT Hutama Karya,Tol Palembang-Indralaya,Lubuklinggau-Bengkulu,Betung-Jambi

Pemerintah akan bangun empat jalan tol di Sumsel

Foto udara simpang susun jalan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Empat ruas jalan tol akan dibangun di Sumatera Selatan pada 2019 untuk meningkatkan daya saing logistik Tanah Air karena adanya pengurangan waktu tempuh kendaraan.

Manager Proyek PT Hutama Karya Divisi Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Hasan Turcahyo di Palembang, Selasa, mengatakan, keempat jalan tol tersebut yakni Indralaya-Muara Enim sepanjang 88 km, Lubuklinggau-Bengkulu sepanjang 95 km, Palembang-Tanjung Api-Api sepanjang 70 km dan Betung-Jambi sepanjang 191 km.

"Proses pembangunan keempat tol tersebut masih studi kelayakan atau feasibility study. Kami masih mempelajari dampak lingkungan dari pembangunan proyek infrastruktur tersebut," kata dia.

Ia mengatakan meskipun masih tahap feasibility study, saat ini sudah ada beberapa tol yang masuk tahap penyediaan lahan.

Oleh karena itu, setelah proses ini selesai, maka pekerjaan akan dilanjutkan pada pembebasan lahan.

"Setelah semua dibebaskan, barulah pembangunan fisik dapat dilakukan. Kami targetkan proses ini dapat diselesaikan pada awal Januari mendatang," kata dia.

Ia menjelaskan, dari perhitungan sementara, pembangunan untuk 1 km jalan tol ditaksir akan menghabiskan dana sekitar Rp100 miliar.

Seluruh tahapan pembangunan ditargetkan tuntas pada 2023. "Kami harap tidak ada kendala dalam pembangunan ini nantinya," kata dia.

 Jalan tol sangat efektif untuk memecah kemacetan bahkan dapat memotong waktu tempuh perjalanan. Seperti jalan tol rute Palembang-Bengkulu sepanjang 330 km. Jika jalan tol itu selesai dibangun, waktu tempuh perjalanan bisa dipangkas hingga 4 jam.

"Termasuk tol Palindra. Sangat efektif meski sepanjang 22 km," kata dia.