Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS bisa di upload

id tes cpns,asn,BKN,seleksi kompetensi dasar

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS bisa di upload

Dokumentasi - Peserta mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (ANTARA FOTO/Umarul Faruq/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan bagi pendaftar yang lulus seleksi administrasi daoat melihat namanya di website sscn.bkn.go.id.

"Bagi pendaftar bisa melihat apakah lulus di tahap seleksi adminitrasi atau tidak di website tersebut," ujarnya, Senin.

Minat pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Palembang tergolong besar. Hingga penutupan pendaftaran 15 Oktober lalu, tercatat ada 14.059 orang yang mengakses website untuk mencapftar menjadi PNS Palembang. 

Hanya saja, beragam kendala yang menyebabkan 1.963 orang tidak lulus verifikasi. Banyak hal menyebabkan pendaftar tidak lulus verifikasi panitia pusat dalam hal ini Badan Kepsgawaian Negara (BKN) dalam pendaftarannya. 

"Ada 14.059 pendaftar, tapi yang mengupload berkas ke aplikasi SCCN sejumlah 13.370. Dari jumlah itu yang memenuhi syarat ada 11,407 orang dan yang tidak memenuhi syarat ada 1.963 orang," katanya.

Ratu Dewa mengatakan, setelah masuk ke website sscn.bkn.go.id, banyak pendaftar yang tidak mengupload berkas yang disyaratkan. Seperti tidak upload KTP,  tidak upload ijazah asli, masa berlaku STR tidak berlaku lagi, IPK tidak mencukupi, lamaran yang tertuju tidak sesuai dengan instansi yang diinginkan, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan formasi.

"Dari jumlah pelamar yang mengupload berkas, ada 1500 pelamar yang tidak lulus verifikasi. Hal ini bisa menjadi pelajaran, bahwa pendaftaran CPNS ini harus dilakukan dengan teliti," jelasnya.

Ia menambahkan, jika jadwal tidak berubah lagi, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada 5 November mendatang di gedung Jakabaring. Namun penentuan tempat ini diputuskan oleh BKN Kantor Regional VII. Sehingga para pelamar bisa melihat pengumumannya lewat situs resmi BKN.

"Test SKD nantinya menggunakan sistem CAT (Computer Asissted Test)," tutupnya.