Disnakan catat konsumsi daging capai 4.789,19 ton

id daging,konsumsi daging,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,antara sumsel,Dinas Peternakan dan Perikanan

Pedagang daging sapi. (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin)

Martapura (ANTARA News Sumsel) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan mencatat konsumsi daging oleh masyarakat di wilayah itu pada 2017 mencapai 4.789,19 ton.

"Konsumsi daging ini mulai dari hewan sapi, kerbau, domba, kambing dan daging ayam yang jumlahnya mencapai 4.789,19 ton selama satu tahun," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sujarwanto melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, M Irsadi di Martapura, Minggu.

Menurut dia, angka tersebut diperoleh pihaknya berdasarkan hasil konsumsi hewan ternak menurut komoditas pada 2017.

"Untuk tahun ini belum merekam hasil konsumsi karena perekapan hasil komoditas 2018 baru bisa dilakukan pada awal Desember nanti," katanya.

Dia mengimbau, agar masyarakat dalam mengkonsumsi daging sapi maupun ayam potong harus memperhatikan kesehatan hewan tersebut sebelum membelinya dari pedagang.

"Masyarakat harus memperhatikan Kebersihan, Kesehatan serta Kehalalan (3K) pada hewan tersbut dan sebaiknya dibeli di kios pedagang penjual daging di kawasan Pasar Tradisional di OKU Timur yang sudah terdaftar di Disnakan setempat," ungkapnya.

Sebab kata dia, kios-kios yang terdaftar di Disnakan OKU Timur mengutamakan kulaitas hewan ternak yang jual agar layak dikonsumsi masyarakat.

"Kami juga memiliki 13 Rumah Potong Hewan (RPH) sehingga hewan potong yang dijual di kios tersebut terjamin kualitasnya," ujar dia.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar