Museum SMB II Palembang tambah koleksi

id smb II,bandara SMB II,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,antara sumsel,zaman Kesultanan Palembang Darussalam,museum di bandara smb II

Museum SMB II Palembang tambah koleksi

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengelola Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, terus berupaya menambah koleksi benda peninggalan sejarah untuk menambah daya tarik masyarakat dan wisatawan berkunjung ke museum.

"Untuk menambah koleksi museum selain mengupayakan memperolehnya dari berbagai kolektor juga menerima sumbangan dari masyarakat," kata Nyimas Ulfa pengelola Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan, di museum ini tersimpan dengan baik sekitar 700 koleksi peninggalan sejarah dari zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Koleksi tersebut berupa mata uang, prasasti, naskah kuno, guci, kain dan pakaian tradisional, piranti saji, aksesoris kamar pengantin, keris, pedang, serta senjata tajam lainnya bisa dilihat masyarakat setiap hari sesuai dengan jam buka museum.

Menurut dia, pada hari tertentu seperti musim liburan, dan adanya kegiatan seminar, pertandingan olahraga, atau kegiatan lainnya yang berskala nasional bahkan internasional pengunjung ke museum ini cukup banyak.

"Pada hari biasa pengunjung ke musem SMB II yang terletak di samping Jembatan Ampera kawasan Benteng Kuto Besak itu, paling banyak puluhan orang, namun pada momentum tertentu jumlahnya bisa mencapai ratusan orang," ujarnya.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat atau wisatawan yang akan mengunjungi museum ini, bisa datang setiap hari termasuk hari libur akhir pekan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Namun jika ada kunjungan khusus, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung yang akan melihat koleksi peninggalan zaman Kesultanan Palembang, jam buka museum bisa lebih panjang lagi bahkan pada malam haripun bisa dilayani.