Ribuan santri Sumsel laksanakan pawai ta`aruf

id pawai ta`aruf,santri sumsel,pawai santri,berita sumsel,berita palembang,antara,palembang

Sejumlah santri membentangkan bendera merah putih besar pada kirab hari santri nasional di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel Palembang, Sabtu (20/10/2018). Sebanyak 15.000 Santri se-Kota Palembang turut memeriahkan kirab yang mengambil tema "Bersama Santri Damailah Negeri. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Ribuan santriwan dan santriwati di Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan pawai ta`aruf melalui jalan santai kirab santri di Palembang, Sabtu.

Pawai ta`aruf yang dilepas Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Alfajri Zabidi itu dilaksanakan serangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN).

Kakanwil Kemenag Sumsel mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran para peserta yang turut memeriahkan HSN ini.

"Ini sebagai komitmen dari pemerintah berupa pengakuan akan keberadaan pondok pesantren dan para santri di bumi nusantara," katanya.
Sejumlah santri berbaris pada kirab hari santri nasional di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel Palembang, Sabtu (20/10/2018). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Jadi, katanya, peringatan HSN itu merupakan komitmen pemerintah dalam menghargai dan mengapresiasi para santri berpartisipasi merebut dan mengisi kemerdekaan.

Ia mengatakan kegiatan kirab santri itu sangat penting terutama untuk memperkuat hubungan silaturahim ulama dan santri serta masyarakat.

Kepala Kemenag Kota Palembang Deni Priansyah mengatakan, kegiatan itu diikuti ribuan santri yang ada di daerah ini ditambah unsur siswa madrasah dan Kantor Urusan Agama kecamatan.

Kegiatan tersebut, katanya, sudah berlangsung dari 2014 dan akan terus dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk penghargaan dan ajang memperkuat silaturahmi para santri dan ulama pondok pesantren.

Dalam kegiatan itu berbagai atraksi dan yel-yel penyemangat disampaikan tiap santri dari berbagai pondok dan madrasah di antaranya marching band, pencak silat dan lain-lain.

Sementara jalur yang dilalui adalah Jl Kapten A Riva`i menuju KH Ahmad Dahlan, Radial dan kembali ke Lapangan DPRD Sumsel.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar